3 Tren Perkembangan Teknologi Sosial Media

3 Tren Perkembangan Teknologi Sosial Media

Teknologi sosial media hingga kini tidak terlepas dari kehidupan manusia. Teknologi ini selalu menawarkan sesuatu yang baru dengan berbagai inovasi yang mampu menghilangkan banyak batasan waktu dan juga tempat bagi setiap orang untuk saling berinteraksi satu sama lain. Dengan kata lain teknologi sosial media kini mampu membuat perubahan era baru pada kehidupan masyarakat zaman sekarang yang serba digital.

3 Tren Perkembangan Teknologi Sosial Media

Penggunaan sosial media sudah banyak merambat ke setiap sisi kehidupan dengan fungsi tanpa batas yang ditawarkan. Bahkan semua kegiatan manusia yang dahulu hanya bisa dilakukan secara offline, kini semua sudah berubah menjadi serba online setelah masuknya sosial media. Perkembangan teknologi kini sudah mampu melampaui yang pernah dibayangkan di masa lalu, nah berikut ini beberapa perkembangan teknologi media sosial yang harus Anda ketahui.

SoLoMo (Social, Location, and Mobile)

Merupakan salah satu perkembangan teknologi media sosial berbasis social, location and mobile, yang menjadi dasar munculnya dunia sosial media. Dahulu banyak orang beranggapan bahwa media sosial merupakan sebuah wadah bagi setiap orang untuk saling berkomunikasi dan berinteraksi tanpa batasan jarak dan waktu. Anggapan tentang sosial media ini masih benar adanya hingga kini, namun kenyataannya konsep tersebut semakin berkembang. Yaitu dalam konsep mobile yang berarti sosial media mampu untuk dibawa kapan pun dan dimana pun. Untuk konsep location ini bisa terlihat dalam adanya media sosial bernama foursquare yang berfungsi untuk location tagging dengan menggunakan teknologi GPS. Yang mana fitur tersebut mampu memudahkan kehidupan masyarakat zaman sekarang.

Gamifikasi

Merupakan salah satu perkembangan teknologi media sosial yaitu dengan menerapkan sebuah fasilitas game melalui sosial media. Penggabungan teknologi gamifikasi dengan sosial media ini mampu menjadi sebuah industri baru yang potensial. Dengan adanya gamifikasi ini mampu menggabungkan kebutuhan hiburan dengan kemudahan bersosialisasi, yang mana membuat sebuah game menjadi terasa begitu nyata pada saat dimainkan.

Augmented Reality

Tren teknologi media sosial yang juga disebut dengan istilah realitas tambahan ini bertujuan untuk menambahkan efek real atau nyata terhadap sebuah objek. Yang mana seseorang akan mampu untuk menikmati teknologi 2 dimensi namun terkesan seperti melihat teknologi 3 dimensi. Penerapan dalam teknologi sosial media yaitu pada perangkat google glass. Goggle Glass ini memberikan semua informasi yang sedang Anda butuhkan hanya dengan menggunakan kacamata yang sedang Anda kenakan. Sehingga kapan saja, dimana saja dalam kondisi apa saja Anda akan mampu untuk menjalankan berbagai aktivitas sosial media dengan begitu mudah hanya dengan menggunakan sudut mata Anda saja. Dengan semakin berkembangnya teknologi media sosial media juga harus membuat kita semakin bijak dalam menggunakannya dan bukannya untuk melemahkan diri dan kepribadian kita.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *