Home Produk Teknologi 4 Fungsi yang Dimiliki Robot dalam Kehidupan Manusia

4 Fungsi yang Dimiliki Robot dalam Kehidupan Manusia

by Jenny Harvey

Para ilmuan memang sejak lama sudah mulai membuat perangkat robot ada yang bentuknya seperti hewan bahkan ada yang menyerupai manusia. Penelitian ini diharapkan mampu menciptakan sebuah perangkat yang bisa bekerja selayaknya yang manusia kerjakan. Sehingga ke depannya ketika sudah sempurna maka perangkat ini bisa digunakan untuk berbagai tujuan sehingga lebih banyak manfaat bisa dipetik. Perangkat yang diciptakan untuk mengerjakan tugas manusia ini tentunya masih perlu dikembangkan meski beberapa negara sudah mulai mengaplikasikannya di sebuah perusahaan.

Fungsi Mesin Berjalan Dalam Kehidupan Manusia

Mesin memang jenisnya banyak, namun ketika sudah mampu mengurus pekerjaan manusia otomatis bisa dipergunakan untuk berbagai hal penting. Pada dasarnya mesin satu ini memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

  • Membantu meningkatkan jumlah produksi,

Mesin menyerupai manusia ini nantinya ketika sudah berfungsi dengan baik bisa membantu proses produksi sebuah industri. Sebagai mesin yang tidak memiliki keterbatasan tenaga dan tidak pula memerlukan waktu khusus untuk istirahat. Secara otomatis membuatnya lebih efektif meningkatkan hasil produksi dan mutunya pun lebih terjamin karena di setting sedemikian rupa supaya hasil pekerjaannya sesuai standar. Tanggung jawab pekerja pun lebih terbatas dan keuntungan perusahaan lebih maksimal.

  • Menggantikan pekerjaan dengan resiko tinggi,

Di sekitar kita terdapat banyak pekerjaan dengan resiko tinggi, misal bersentuhan dengan zat kimia berbahaya, zat panas seperti api atau lain sebagainya. Tentunya memaksa manusia untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut jelas sangat sulit meski sudah diberikan bayaran yang tinggi. Mencegah adanya korban pada saat mengurus pekerjaan berbahaya ini maka robot pun mengambil alih peran manusia. Mesin ini bisa dengan aman memasuki zat kimia berbahaya, menerobos api, dan sebagainya tanpa resiko meninggal.

Baca juga:Mengenal Sistem Kerja dan Karakteristik Pada Sebuah Robot

  • Mengurangi beban pekerjaan manusia,

Mesin menyerupai manusia inipun nantinya bisa dipakai untuk menolong berbagai jenis pekerjaan, sehingga tidak sebatas pekerjaan dengan resiko tinggi saja. Melainkan bisa membantu manusia untuk mengurus pekerjaan rumah tangga seperti memasak, bebersih rumah, dan lain sebagainya. Semakin kesini mesin menyerupai manusia ini semakin berkembang dan mempermudah aktifitas manusia yang memanfaatkannya secara bijak. Beban pekerjaan pun akan berkurang dan bisa fokus mengurus pekerjaan lain yang memang memerlukan buah pikiran dan tenaga Anda.

  • Sebagai sarana mendidik generasi muda,

Kalau diperhatikan ada banyak mainan yang memiliki tampilan seperti manusia, misalnya saja lego. Mainan menyerupai manusia ini bisa berjalan meski kaku khas mesin menyerupai manusia pada umumnya. Berkat perkenalan mesin mirip manusia ini kepada anak-anak melalui mainan otomatis merangsang minat mereka untuk mempelajari masalah teknologi. Tidak menutup kemungkinan akan ada banyak generasi muda yang tertarik menciptakan robot di masa mendatang, sehingga manfaat yang diberikan akan semakin meluas.

Baca Juga:  Ngamen Nonstop, Game Terbaru Asal Jogja

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More