4 Jenis Pesawat Tempur yang Dikenal Super Canggih

Bagi dunia militer keberadaan pesawat tempur tentu memiliki peran yang sangat penting karena memberikan modal untuk sukses melakukan serangan dari udara. selama sekian dekade pesawat militer ini memang selalu sukses untuk memperoleh kemenangan di bidang militer. Salah satu contoh yang tercatat dalam sejarah adalah peristiwa jatuhnya bom atom di Nagasaki dan Hiroshima, Jepang. Keduanya di jatuhnya dengan pesawat militer. Sehingga bisa dikatakan pesawat satu ini memang menjadi salah satu kunci melakukan serangan militer yang cerdas dalam melumpuhkan lawan.

Pesawat Militer yang Terkenal Kecanggihannya

Bahkan tercatat dalam sejarah sampai detik ini sudah banyak pesawat militer yang dibekali dengan teknologi canggih. Beberapa deretan berikut bahkan dikenal sebagai pesawat militer masa kini yang memiliki teknologi tercanggih:

  • F-22 Raptor,

F-22 Raptor merupakan pesawat yang dimiliki oleh kemiliteran Amerika Serikat dan menjadi pengisi posisi pertama pesawat militer canggih. Pasalnya pesawat satu ini didesain untuk tidak terdeteksi oleh radar sehingga sangat efektif dipakai melakukan serangan dadakan dari udara. Baik untuk melakukan serangan di darat maupun serangan di udara menggempur pesawat militer lawan, karena tidak mudah dideteksi keberadaannya.

  • Sukhoi T-50,

Amerika Serikat memang dikenal sebagai pemilik banyak pesawat tempur canggih, namun Rusia pun sepertinya tidak akan kalah. Bahkan pesawat militer yang diciptakannya sudah melanglang buana ke berbagai negara dalam misi kerjasama di berbagai bidang. Salah satu pesawat militernya yang dikenal canggih adalah Sukhoi T-50 yang dibekali dengan mesin ganda. Kabarnya pesawat Sukhi T-50 ini merupakan pesawat militer yang paling disegani di dunia internasional. Apalagi Rusia dikenal memang rutin menyediakan pesawat militer super canggih.

  • F-14 Tomcat,

Pesawat militer ini juga dimiliki oleh Amerika Serikat dan mendapatkan julukan sebagai ‘pembunuh MIG’. Secara fisik pesawat militer F-14 Tomcat memang lebih bongsor ketimbang pesawat militer jenis lainnya. Meskipun dibekali dengan body lebar akan tetapi soal manufer di udara ternyata merupakan sang juara. Pasalnya bagian sayapnya bisa mengepak otomatis antara 14 sampai 68 derajat yang sangat membantu dalam mengatur pergerakan lincah di udara. Tentunya dengan kecanggihan ini membuat pesawat militer satu ini dikenal dunia sebagai pesawat canggih.

  • Su-35 Super Flanker,

Satu lagi pesawat militer kebangsaan Rusia yang menjadi primadona di kancah internasional, yakni Su-35 Super Flanker. Sampai detik ini masih dianggap sebagai pesawat tercanggih di angkatan udara Rusia dan memiliki banyak keunggulan. Pesawat militer dengan satu kursi duduk ini mampu memiliki multiperan dalam militer, sehingga tidak hanya menggempur lawan melainkan juga membantu mengangkut berbagai kebutuhan prajurit. Bahkan kabarnya pesawat tempur milik Rusia ini menjadi pesawat yang tingkat jelajahnya lebih luas dibanding pesawat negara lainnya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *