5 Dampak Positif dari Kemajuan Teknologi dan Informasi

Kehadiran teknologi dan informasi yang mengalami perkembangan serta kemajuan yang cukup pesat membawa berbagai manfaat dan dampak positif dalam beragam sendi kehidupan:

  • Menjadi media berinteraksi dan komunikasi.

Jaman dahulu, orang melakukan komunikasi dengan menggunakan surat atau melalui pos, kemudian ditemukan lah telegram, pesawat telepon, hingga jaringan selullar. Masih terbayang bagaimana sulitnya untuk berkomunikasi karena membutuhkan waktu berhari-hari atau membutuhkan biaya yang mahal. Sekarang, dengan menggunakan teknologi akses internet saja, orang sudah dapat saling berinteraksi dan berkomunikasi melalui media sosial ataupun email. Bahkan bisa saling bertatap muka melalui video call.

  • Media untuk menyampaikan informasi.

Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, orang-orang bisa dengan mudah mengakses beragam informasi baik di dalam negeri maupun berbagai belahan dunia lainnya. Caranya tentu saja adalah dengan berselancar atau istilah lainnya, browsing, di dunia maya. Bahkan segala hal dapat kita temukan di dalam internet, tak hanya informasi berita dan peristiwa saja melainkan juga berbagai macam pengetahuan dan ilmu yang berguna bagi kehidupan sehari-hari manusia. Jika dulu berselancar terbatas hanya lewat komputer saja, sekarang dengan adanya smartphone alias ponsel pintar, segala sesuatunya dapat diakses dengan mudah.

  • Media untuk metode pembelajaran.

Orang-orang yang sedang menempuh pendidikan juga sangat terbantu dengan adanya teknologi dan informasi karena sudah ada metode pembelajaran jarak jauh, yaitu metode pembelajaran yang semuanya dilakukan secara online. Bahkan buku-buku atau modul yang digunakan pun semua berbentuk digital sehingga bagi orang yang memiliki keterbatasan waktu dan fisik barangkali, dapat memanfaatkan metode pembelajaran/ pendidikan ini sebagai sarana untuk menuntut ilmu.

  • Sebagai lahan bisnis yang potensial.

Sudah tak terhitung jumlahnya orang-orang yang berhasil memperoleh kesuksesan secara materi dan finansial setelah membuka lapak bisnisnya di dunia online. Tak hanya orang-orang yang berjualan produk saja (online shop) melainkan juga orang-orang yang menyediakan lahan untuk berbisnis seperti situs atau forum jual beli online, situs marketplace dan e-commerce. Ada juga blogger, vlogger, youtuber dan sebagainya yang berhasil memanfaatkan internet untuk menjalankan bisnis atau meraup pundi-pundi rupiah.

  • Menghemat biaya.

Kemajuan teknologi dan informasi terbukti dapat menghemat biaya dalam berbagai hal. Seperti kemudahan dalam berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang-orang di luar sana hanya dengan menggunakan kuota atau paket data internet saja. Bandingkan dengan surat pos bahkan telepon konvensional atau SMS, jauh lebih murah dengan kuota atau paket data internet saja. Begitu juga bagi pebisnis/pengusaha yang memanfaatkan teknologi internet sebagai media untuk beriklan, lebih murah jika dibandingkan dengan memasang iklan pada media seperti koran, televisi atau radio.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *