5 Jenis Robot Canggih 2018 yang Dibuat Menyerupai Hewan

5 Jenis Robot Canggih 2018 yang Dibuat Menyerupai Hewan

Hampir semua negara berbondong-bondong untuk melakukan inovasi dalam hal perangkat teknologi, mulai dari menciptakan berbagai macam sarana komunikasi, kendaraan canggih hingga ada juga diantaranya yang aktif dalam membuat berbagai jenis robot, sebenarnya memang bisa dikatakan jika seandainya sudah banyak diantar bentuk-bentuk pekerjaan manusia yang mengandalkan ini, hanya saja untuk negara-negara maju saja, sedangkan di negara berkembang masih jarang yang memakainya, karena harganya juga terbilang masih mahal.

Perangkat dengan kecerdasan buatan manusia ini memang sengaja diciptakan untuk menggantikan kerja manusia, sehingga nantinya jauh lebih mudah dipakai untuk melakukan beberapa kegiatan. Bahkan tak jarang diantaranya yang memiliki otak sudah setingkat manusia dan bisa dijadikan sebagai asisten rumah tangga yang baik. Selain yang memiliki bentuk seperti manusia, maka banyak juga yang dibuat dalam bentuk atau versi menyerupai hewan.

Berikut ini diantaranya beberapa robot hewan canggih yang ada pada 2018 ini, diantaranya adalah:

5 Jenis Robot Canggih 2018 yang Dibuat Menyerupai Hewan
5 Jenis Robot Canggih 2018 yang Dibuat Menyerupai Hewan
  1. Marsbee, ini adalah mesin canggih yang dibuat oleh Nasa karena terinspirasi dengan hewan lebah. Perangkat teknologi yang satu ini nantinya hanya akan digunakan di luar angkasa, seperti namanya yaitu dipakai di mars, khususnya adalah untuk mendeteksi kandungan metan, jenis tanah hingga kemungkinan nantinya manusia akan menetap disana.
  2. Spot mini, ini adalah yang dikeluarkan oleh Boston Dynamica, bentuknya dibuat sangat mirip dengan sebuah anjing, yaitu ada bagian kepala, tangan, kaki dan juga tubuhnya, ia juga dirancang untuk melakukan beberapa kegiatan kecil dalam rumah tangga, seperti diantaranya adalah untuk membuka dan juga menutup pintu.
  3. Mantadroid, sebuah yang dibuat dalam bentuk semirip mungkin dengan ikan pari, yaitu dengan ukuran sirip yang sangat lebar dan juga dapat berenang di bawah laut, hingga melalui arus yang tinggi, fungsinya sendiri direncanakan adalah untuk melakukan penelitian di bawah laut. Sehingga memudahkan peneliti dalam mendapatkan gambar tanpa nantinya harus menyelam secara langsung kedalam laut.
  4. Snakebot, jenis yang satu ini dibuat dalam bentuk panjang layaknya ular dengan ukuran tubuh yang kecil, ini adalah jenis yang pernah memenangkan kontes robotic Carnegia Mellon. Fungsi utamanya sendiri adalah digunakan untuk menelusuri saluran air yang ada di daerah pasca gempa.
  5. Octopus, modelnya memang sengaja dibuat semirip mungkin dengan gurita, sedangkan untuk lapisan luarnya dibuat dari bahan dasar silicon, juga ada bahan-bahan kimia yang disematkan pada setiap tentakelnya.

Di masa yang akan datang ada lebih banyak lagi nantinya robot yang akan dibuat untuk membantu kehidupan manusia, sehingga pekerjaan jadi lebih mudah dilakukan. karena memang teknologi yang disematkan lama kelamaan akan jauh lebih baik dari yang sekarang ini.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *