5 Kejahatan Teknologi Internet yang Harus Anda Waspadai

5 Kejahatan Teknologi Internet yang Harus Anda Waspadai

Perlu Anda ketahui, sebagai pengguna teknologi masa kini bahwa teknologi tidak hanya memberi dampak positif bagi kita melainkan juga dampak negatif. Ada berbagai kelebihan dan kelemahan dari teknologi itu sendiri, terkadang hal tersebut disadari dan juga tidak disadari. Selain itu, teknologi internet kini tidak hanya digunakan untuk kebaikan, ada pula yang menggunakannya untuk melakukan tindak kejahatan. Sehingga, sebagai pengguna teknologi perlu berhati-hati dan mewaspadai hal tersebut. Berikut beberapa contoh kejahatan teknologi yang perlu Anda ketahui, antara lain.

5 Kejahatan Teknologi Internet yang Harus Anda Waspadai

 

  • Spoof Caller ID

 

Kejahatan teknologi internet yang satu ini biasa digunakan oleh para penipu untuk mengambil keuntungan. Tindak kejahatan ini memungkinkan Anda mengganti apa saja yang korban lihat pada tampilan panggilan di smartphone mereka. Hebatnya, Anda bisa memilih menggunakan sembarangan nomor tanpa harus menampilkan nomor telepon Anda yang sebenarnya.

Pada umumnya, metode Caller ID Spoof ini digunakan oleh selebriti dan individual lainnya guna menjaga privasi mereka. Selain itu, trik ini juga biasa digunakan untuk tujuan bisnis dan hiburan, namun masih banyak yang menggunakan layanan ini secara illegal.

 

  • Membuat USB Password Stealer ( Pencuri )

 

Ada banyak cara dan strategi yang biasa dilakukan oleh black hacker untuk mencuri informasi pribadi dan bersifat rahasia seperti password. Salah satu kejahatan teknologi internet tersebut yaitu dengan menggunakan USB Password Stealer. Anda hanya membutuhkan flashdisk dan script tertentu untuk bisa mengakses cache password yang tersimpan di browser. Oleh sebab itu, hindari mencolok flashdisk secara sembarang di laptop Anda.

 

  • Spoof Alamat Email

 

Selanjutnya, kejahatan teknologi internet yang juga kerap terjadi adalah munculnya pesan penolakan mengenai email yang seolah-olah dikirim dari akun Anda. Sedangkan, Anda sendiri tidak menyadari atau merasa menerima balasan pesan yang tidak pernah Anda kirim. Hal ini memungkinkan bahwa Anda telah menjadi korban spoofing.

Kejahatan ini berupa pemalsuan alamat balasan pada pesan keluar guna meng-hide asal pesan yang sesungguhnya. Untuk mencegah hal ini terjadi, ada baiknya Anda mengganti password serta mengaktifkan otentifikasi dua langkah agar keamanan akun Anda dapat terjaga dengan baik.

 

  • Hack Jaringan WiFi

 

Apa alasan seseorang untuk mencuri password router Anda? Perlu Anda ketahui, ada banyak cara seseorang untuk mencuri bandwith WiFi atau sekedar memata-matai aktivitas yang terjadi di jaringan Anda. Sebisa mungkin, gunakan standar enkripsi terbaru yaitu WPA2.

 

  • Pencuri Password pada WiFi Gratis

 

Terhubung pada WiFi publik, menjadi salah satu hal yang cukup berbahaya dilakukan saat ini. Mengapa demikian? Banyak hacker yang melakukan kejahatan teknologi internet dengan cara ini guna mendapatkan login Anda dan memata-matai aktivitas browsing Anda. Cara untuk melindungi diri dari serangan hacker ketika menggunakan WiFi public adalah dengan memanfaatkan penggunaan VPN.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *