5 Manfaat Drone yang Banyak Digunakan Dalam Berbagai Bidang

Drone yang awalnya hanya diciptakan untuk mereka yang di kalangan militer, kini perlahan bisa dimiliki oleh masyarakat luas mengingat fungsinya yang beragam. Umumnya, alat ini adalah sebuah perangkat yang tampilannya hampir mirip dengan pesawat ini yang terbang layaknya helicopter. Hanya saja, untuk menerbangkan alat ini dibutuhkan remote control. Meski sekilas mirip dengan dengan mainan anak, namun jangan salah karena alat ini memiliki kecanggihan teknologi yang bisa Anda manfaatkan di berbagai bidang. Seperti di bawah ini ada beberapa fungsi luar biasa yang bisa Anda simak.

DOKUMENTASI MOMEN PENTING

Manfaat yang paling utama dan banyak dimanfaatkan dari drone adalah memotret karena keahliannya yang bisa membawa kamera dari sudut unik. Tak heran jika alat ini banyak dipilih untuk mengambil gambar pemandangan yang bisa memanjakan mata. Tak hanya itu untuk hiburan semata, alat ini juga bisa digunakan untuk kepentingan umum, seperti memantau kemacetan dari udara. Fungsi inilah yang akan sangat membantu pengambilan berita dalam mengabarkan kondisi jalan.

MEMANCING

Mungkin bagi beberapa orang akan heran dengan fungsi drone yang satu ini. Namun, hal tersebut sudah dibuktikan oleh Brody Maclean, Jaiden Maclean dan Byron Leal dari Sea Ulcer Aerial Media. Mereka pernah membawa drone DJI Phantom ke kawasan pantai di Fingal Head, Australia sebagai alat bantu memancing ikan. Maclean memasang umpan ikan dikaitkan di alat pancing pada alat yang membawa mereka lalu pesawat tanpa awak itu diterbangkan ke tengah laut.

Hasilnya? Tentu saja menarik. Terlihat dari kamera yang terpasang bahwa segerombolan ikan tuna seketika berkumpul. Setelah itu, Maclean melepaskan umpan yang sudah dikaitkan agar jatuh tepat di atas kumpulan ikan. Sementara ia di tepi pantai berusaha menggulung senar pancing untuk menarik ikan ke tempatnya. Usahanya membuahkan hasil tangkapan ikan yang salah satunya adalah satu ikan tuna ekor panjang dengan bobot 20 kilogram.

MENGANTAR BARANG

Salah satu perusahaan waralaba yang ada di Jepang bekerja sama dengan Rakuten dalam mengembangkan drone untuk mengirim barang ke Minami Soma yang lokasinya berada 20 kilometer sebelah utara pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima. Hal ini sejalan dengan himbauan pemerintah setempat yang berharap drone bisa memudahkan warga membangun kembali hidupnya setelah perintah evakuasi dicabut Juni 2017 lalu. Pemerintah mengatakan jika inovasi ini adalah layanan baru yang mengombinasikan minimarket, vendor drone dalam mendukung revitalisasi masyarakat.

PEMETAAN

Perkembangan teknologi dapat mempermudah segala bidang pekerjaan, termasuk dalam kerja pemetaan. Dengan menggunakan drone, kerja pemetaan jadi lebih murah dan mudah bahkan dengan medan yang sulit dijangkau sekalipun. Selain itu, menggunakan alat ini juga bisa menghasilkan peta yang berbentuk 3 dimensi serta mampu mendeteksi kesetahatan vegetasi dengan sensor lidar. Pemetaan dengan alat ini sudah banyak digunakan oleh banyak kalangan, mulai LSM, Perseroan hingga Instansi terkait seperti BPN dan ATR.

PERTANIAN

Salah satu fungus drone selain mengambil gambar dari udara adalah mampu membantu petani dalam mengawasi serta menyiram pestisida di areal pertanian yang luas. Di Indonesia sendiri, inovasi ini memang belum dikembangkan. Namun, bukan berarti para petani modern tertarik untuk memanfaatkan alat ini untuk membantu proses pertanian, sehingga nanti hasilnya bisa maksimal dan membantu sektor produksi bahan pangan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *