5 Robot Canggih Buatan Jepang yang Terkenal Dapat Membantu Pekerjaan Manusia

Seiring dengan kemajuan teknologi, pekerjaan manusia mulai banyak yang terbantu dengan kehadiran robot. Salah satu negara penghasil robot canggih adalah Jepang. Robot-robot buatan Jepang pun banyak yang telah mendunia dan terkenal. Diantaranya yaitu:

  • Robot Hina.

Seorang warga Jepang yang memiliki nama samaran ClockWork tak hanya memodifikasi mesin robotik agar dapat membuat kopi, namun juga memodifikasi bagian tampilannya menjadi robot dengan salah satu karakter Manga yang bernama Hina. Hina memiliki tinggi 36 cm dan berat 1,1 kg. Hina diprogram untuk dapat membuat kopi. Mungkin saja setelah ini ia akan diajari membuat roti panggang.

  • MotoMan SDA1.

Robot MotoMan SDA1 diciptakan oleh perusahaan Yaskawa Electric yang diprogram untuk dapat membuat salah satu jajanan yang sangat digemari di negara asalnya, Jepang, yaitu Okonomiyaki. Sejatinya, MotoMan diciptakan untuk dapat merakit kamera digital disposable, namun siapa sangka jika ia juga pandai memasak Okonomiyaki. MotoMan memiliki tinggi 135 cm dan berat 220 kg dengan 2 lengan panjang yang jangkauannya luas.

Baca Juga: Sekilas Tentang Robot canggih Asimo

  • Robot RIBA.

RIBA merupakan singkatan dari Robot for Interactive Body Assistance. Robot canggih ini dikembangkan dan diciptakan oleh RIKEN dengan program untuk mengangkat atau menggendong pasien rumah sakit. Robot ini akan membantu pekerjaan suster yang kesulitan mengangkat pasien dari atau ke atas rangka. Selain dapat menggendong atau mengangkat pasien, RIBA juga dapat menjalankan perintah karena ia dapat mengenali suara suster atau pegawai rumah sakit. Sayangnya, RIBA hanya dapat menggendong pasien dengan berat tak lebih dari 61 kg.

  • The Yume Neko Smile.

Yang satu ini sangat tidak mirip dengan robot pada umumnya, bentuknya sangat mirip dengan boneka kucing, bahkan cukup mirip dengan kucing betulan. Bagi yang suka dengan kucing namun mengalami masalah dengan alergi, Yume Neko Smile bisa jadi solusi karena bulunya dijamin tak akan membuat alergi. Robot buatan Segatoys ini dilengkapi dengan 5 sensor tersembunyi yang dapat bereaksi terhadap sentuhan. Ia dapat mengedipkan mata, menggerakkan mulut, tiduran dan mendengkur seperti kucing, bahkan ia bisa mendesis jika ekornya ditekan.

  • Robot ApriPoko.

Robot canggih satu ini merupakan buatan dari perusahaan Toyota. Ia diprogram dengan fungsi sebagai pengendali remote control universal. Ia dapat mengontrol semua jenis remote mulai dari TV, Video, AC dan sebagainya. Kelebihan lain dari robot ini adalah dapat berbicara dan mengenali perintah suara (voice command operated). ApriPoko mendeteksi semua jenis remote melalui koneksi inframerah (InfraRed) dan bertanya pada Anda, apa yang harus ia lakukan. Ia akan mempelajari kebiasaan-kebiasaan Anda dalam hal menggunakan remote.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *