6 Bidang Fungsi dan Manfaat Dari Penggunaan Perangkat Virtual Reality (VR)

6 Bidang Fungsi dan Manfaat Dari Penggunaan Perangkat Virtual Reality (VR)

Saat ini, Bahasan mengenai perkembangan teknologi memang tidak akan ada habisnya. Sebab, teknologi yang ada saat ini menunjukkan pergerakan tren yang sangat cepat dan membuat Anda harus terus mengikutinya agar tak ketinggalan zaman. Salah satu produk teknologi terbaru yang tengah populer saat ini ialah Virtual Reality (VR).

6 Bidang Fungsi dan Manfaat Dari Penggunaan Perangkat Virtual Reality (VR)

VR sendiri merupakan perangkat digital yang berfungsi memberi pengalaman lingkungan virtual kepada manusia. Meskipun perangkat digital ini menuai kontroversi di beberapa sisi, namun perlu diakui bahwa VR mempunyai fungsi dengan kegunaan yang mendukung kehidupan manusia. Berikut ulasan beberapa fungsi dan manfaat dari Virtual Reality ini.

Bidang Medis dan Kedokteran (Anatomi Tubuh Manusia)

Ternyata VR juga bermanfaat di bidang medis dan kedokteran. Perangkat ini bisa menjadi media bagi dokter untuk mendeskripsikan bagian anatomi tubuh (simulasi anatomi tubuh manusia). organ-organ dalam tubuh akan tampak lebih nyata dilihat menggunakan VR.

Diketahuinya dengan lebih jelas kondisi organ-organ tubuh dalam, maka para dokter dan ahli bedah akan dengan tepat mampu memutuskan untuk melakukan pembedahan atau tidak. Selain itu, VR juga bisa dimanfaatkan oleh dokter untuk melihat perkembangan sebuah penyakit, mendiagnosa penyakit dan teknik perawatan pasien yang lebih tepat.

Bidang Ekonomi (Promosi Barang Pajangan/Display)

VR juga berguna untuk mempromosikan barang display atau pajangan. toko Selfridges di jalan Oxford, London contohnya. Perangkat VR memungkinkan pengunjung untuk bisa mencoba beberapa produk yang dijual oleh toko dengan lebih nyata. Seperti mencoba produk jam tangan virtual 3D dengan berdiri di depan layar.

Bidang Militer (Perang)

Penggunaan VR dalam bidang militer akan membantu para tentara membuat sebuah simulasi perang. Layaknya bermain game Point Blank, pengalaman perang yang didapatkan para tentara akan lebih nyata dan jelas untuk lingkungan medan pertempuran dan situasi peperangan. Dibandingkan dengan latihan perang yang sebenarnya, Cara ini juga membuat biaya latihan perang menjadi lebih efisien dan lebih hemat.

Bidang Teknik dan Otomotif (Mendesain Mobil)

VR berguna untuk mendesain mobil jika di bidang teknik dan otomotif. Ford menjadi salah satu perusahaan yang memanfaatkan teknologi VR dalam pengembangan mobilnya. Evaluasi bagian luar dan dalam mobil-mobil yang belum dibuat ini, para desainernya menggunakan headset jenis Oculus Rift. Saat headset digunakan, para desainer bisa memperhatikan detil dari mobil. Sementara itu gerakan para desainer akan diikuti kamera-kamera dan berkoordinasi dengan perangkat lunak untuk mencocokkan presentasi digitalnya dengan gerakan desainer.

Bidang Transportasi (Simulasi Pesawat Komersial dan Pesawat Tempur)

Latihan untuk menerbangkan pesawat tentu membuat Anda harus mengeluarkan budget yang besar. Namun, perangkat VR bisa membuat Anda melakukan latihan menerbangkan pesawat yang lebih hemat. Sebab VR menawarkan pengalaman menerbangkan pesawat yang nyaris mendekati kenyataan. Penggunaan VR untuk latihan penerbangan ini juga menghindarkan Anda dari hal-hal yang mengkhawatirkan saat proses penerbangan.

Bidang Media dan Hiburan (Game, Simulasi Lingkungan)

Virtual Reality berguna untuk keperluan di bidang media dan hiburan. Bagi pecinta games, tentu saja mengidamkan pengalaman bermain #game yang semakin nyata. Nah itulah yang ditawarkan oleh perangkat VR ini. Perangkat ini akan membawa Anda untuk merasakan sensasi berbeda dengan realita yang benar-benar hidup, tergantung jenis atau genre game yang dimainkan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *