Home Internet 6 Fungsi Repeater yang Wajib Kamu Pahami!

6 Fungsi Repeater yang Wajib Kamu Pahami!

by Erin Nuzulia

Apa sih repeater? Repeater adalah salah satu perangkat yang mampu menerima sinyal yang berisikan berbagai data pada suatu jaringan lalu mengulang atau meneruskan kembali sinyal tersebut ke daerah yang ada di sekitar perangkat ini. Dengan kata lain, repeater juga bisa disebut sebagai penguat sinyal atau Wifi extender. Saat ini memang banyak orang yang mulai menggunakan repeater untuk meningkatkan daya jangkau sinyal yang lemah sehingga bisa digunakan di daerah yang lebih luas. Harga repeater pun bervariasi tergantung merek dan spesifikasinya. Kamu dapat membelinya di toko elektronik atau toko online.

6 Fungsi Repeater yang Wajib Kamu Pahami!

  1. Memperluas daya jangkau sinyal

Sesungguhnya fungsi yang paling utama dari repeater adalah memperluas daya jangkau sinyal Wifi. Jika sinyal lemah, tentu saja daya jangkau dari sinyal tersebut akan lebih sempit, sedangkan ketika sinyal kuat, daya jangkaunya akan mencakup ke daerah yang lebih luas.

  1. Memperkuat wilayah minim sinyal

Penggunaan repeater akan memperkuat daerah yang minim sinyal sehingga bisa lebih mudah untuk memperoleh sinyal. Repeater mampu membuat sinyal yang lemah menjadi lebih kuat sehingga diterima perangkat lain dengan lebih baik.

  1. Memaksimalkan sinyal

Fungsi Repeater yang wajib kamu ketahui selanjutnya yakni mampu meneruskan dan memaksimalkan sinyal. Dalam fungsi ini, repeater akan bekerja dengan cara menangkap sinyal, lalu mengelolanya, dilanjutkan dengan memperbesar, dan meneruskan sinyal tersebut ke berbagai perangkat jaringan yang ada di sekitar alat ini.

  1. Memudahkan pengiriman dan penerimaan data

Dengan sinyal yang lebih kuat, tentu saja proses pengiriman dan penerimaan data antarsesama pengguna perangkat jaringan ataupun yang melalui jaringan Wifi bisa dilakukan dengan lebih cepat. Fungsi Repeater ini bisa diibaratkan seperti layaknya mobil melaju di jalan tol saat menggunakan repeater.

  1. Meminimalisasi penggunaan kabel jaringan

Fungsi Repeater selanjutnya adalah mampu mengatur sistem kerja jaringan atau sinyal melalui sinyal wireless. Hal ini bisa menghindari penggunaan kabel yang ribet dan berserakan karena penggunaannya yang tanpa kabel.

  1. Menghemat biaya dan waktu

Repeater mampu menghubungkan 2 gedung yang berdekatan loh! Untuk itu dengan adanya repeater ini, kamu tidak perlu berkomunikasi dengan pergi ke Gedung sebelah. Sedangkan kalau pemancar sinyal berada di bawah tanah, lantai atas biasanya tidak kebagian sinyal, maka pemasangan repeater di tengah-tengah lantai akan membuat semua lantai Gedung mendapatkan kualitas sinyal yang baik. Adapun jarak tempuh sinyal repeater adalah sejauh mata memandang atau line of sight sehingga bisa menembus lantai.

Baca Juga:  Kipas Portable Mini, Solusi Kegerahan di Ibu Kota

Penggunaan repeater saat ini sudah menjadi sebuah kewajiban bagi Gedung-gedung tinggi. Hal ini terjadi lantaran Gedung-gedung tinggi tersebut memiliki luas yang besar sehingga pemancar sinyal tidak dapat memencarkan sinyal ke seluruh area Gedung.

Repeater sendiri bekerja dengan cara menyebarkan data ke seluruh jaringan , meskipun data tersebut sepertinya tidak diperlukan, data itu akan tetap tersebar ke seluruh jaringan. Penyebaran data tersebut akan membuat kinerja jaringan menurun atau aksesnya semakin lambar karena banyaknya pemberhentian sinyal dan meningkatnya traffic data.

Nah repeater ini biasanya dipasang di titik-titik tertentu pada Gedung agar mampu memperbarui transmisi sinyal yang datang agar kondisi sinyal yang diterima perangkat mampu sama kuatnya saat pertama dipancarkan oleh pemancar. Salah satu contoh repeater adalah HUB atau multiport/ modular.

 

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More