6 Jenis Teknologi Zaman Dahulu yang Masih Ada Sampai Saat Ini, Meskipun Jarang Digunakan

6 Jenis Teknologi Zaman Dahulu yang Masih Ada Sampai Saat Ini, Meskipun Jarang Digunakan

Siapa bilang bahwa teknologi hanya bisa dirasakan saat ini, nyatanya sejak dulu sudah ada. bahkan awal mulanya terbentuk sarana teknologi memang berasal dari zaman dahulu, tanpa penemuan yang ada saat itu, tentunya sekarang ini masyarakat belum bisa merasakan dampak adanya teknologi, karena sebenarnya teknologi yang hadir di zaman ini, hanyalah sebuah pembaharuan dari perangkat teknologi zaman dahulu, bukan merupakan penemuan yang baru lagi.

 6 Jenis Teknologi Zaman Dahulu yang Masih Ada Sampai Saat Ini, Meskipun Jarang Digunakan

Berikut ini diantara beberapa jenis penemuan atau produk teknologi zaman dahulu yang sudah dikenal oleh banyak masyarakat, diantaranya adalah:

  1. Kamera polaroid, siapa yang tidak kenal dengan model kamera zaman jadul ini, kamera yang sampai sekarang ini nyatanya juga masih banyak digunakan oleh masyarakat ternyata menjadi awal penemuan produk kamera digital. Kamera polaroid ini memiliki ciri khas ukurannya yang besar, kemudian hasil dari pengabadian gambar bisa langsung dicetak, karena adanya mesin pencetak yang bekerja secara otomatis.
  2. Typewriter, jika sekarang masyarakat mengenal yang namanya komputer atau laptop untuk kebutuhan mengetik atau membuat laporan secara lebih rapi, maka di zaman dahulu belum ada perangkat teknologi tersebut, masyarakat masih mengandalkan alat ketik manual atau yang dikenal sebagai mesin ketik. Hasil ketikan salah tidak dapat dihapus, melainkan cukup dengan diganti nantinya setelah berkas jadi. Jadi harus lebih teliti dalam menggunakannya.
  3. Betamax, alat yang satu ini pertama kali muncul pada tahun 70an yang kemudian digantikan dengan peran VCR yang dapat dipakai dalam merubah format sebuah video.
  4. Cassette players, untuk mendengarkan musik dulunya Anda harus mengandalkan alat yang namanya adalah radio, sedangkan bentuk penyimpanan rekaman tersebut ada di sebuah CD. Sebenarnya sampai sekarang jika dilihat masih banyak masyarakat yang memilikinya, namun sudah mulai jarang digunakan.
  5. Floppy disk, sebelum munculnya berbagai bentuk penyimpanan yang lebih luas isinya dan juga berbasis internet, dulu semua sistem penyimpanan mengandalkan sebuah alat yang bernama floppy disk. Sebuah tempat penyimpanan data utama yang bentuknya seperti sebuah kaset pipih atau CD, kapasitasnya juga sangat terbatas, sehingga jika ingin menyimpan lebih banyak data membutuhkan lebih dari satu floppy disk.
  6. VHS dan VCR, penemuan alat yang satu ini sekaligus juga menggantikan peran Betamax kala ini, dimana proses editing atau mengubah format sebuah video sekarang bisa dilakukan secara lebih mudah mengandalkan VHS atau VCR ini.

Teknologi zaman dahulu ini sampai sekarang masih ada, namun agak sulit untuk menemukannya, karena memang masyarakat sudah beralih menggunakan yang lebih canggih dan praktis pemakaiannya. Namun tidak jarang juga yang justru lebih tertarik untuk mengoleksi teknologi gaya lama ini.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *