6 Model Teknologi Ramah Lingkungan yang Mulai Dikembangkan untuk Cegah Kerusakan Bumi

6 Model Teknologi Ramah Lingkungan yang Mulai Dikembangkan untuk Cegah Kerusakan Bumi

Suhu udara yang kian lama kian panas, bahkan menyebabkan es yang ada di kutub mencair, sebenarnya adalah ulah manusia sendiri, yaitu dengan menggunakan beragam jenis perangkat teknologi yang menyumbang penipisan lapisan ozon. Sehingga menyebabkan lama kelamaan bumi menjadi tempat yang tidak nyaman lagi untuk di tinggali. Hal inilah yang membuat sebagian ilmuan mengupayakan membuat teknologi ramah lingkungan. Sehingga manusia tetap bisa menikmati keberadaan sarana teknologi tersebut, namun tidak menimbulkan efek samping seperti kerusakan lingkungan.

6 Model Teknologi Ramah Lingkungan yang Mulai Dikembangkan untuk Cegah Kerusakan Bumi 

Berikut ini diantara ragam jenisnya yang sudah mulai dikembangkan, bahkan sebagian diantaranya sudah bisa digunakan, yaitu:

  1. Lampu seumur hidup, dengan adanya lampu memungkinkan aktivitas manusia bisa dilakukan secara lebih mudah tanpa adanya batasan waktu baik itu siang maupun malam. Namun sayangnya pemakaian lampu ini membuat konsumsi listrik yang juga ada kontribusinya dengan penipisan ozon kian tinggi, namun beberapa inovasi mulai ditemukan dengan mengandalkan sumber cahaya yang berasal dari cumi-cumi, dimana didalamnya ada sebuah bakteri yang bisa mengeluarkan cahaya, dapat mengeluarkan cahaya otomatis tanpa mengandalkan listrik.
  2. Eco ATM, ini juga termasuk sebagai inovasi terbaru yang mulai dikembangkan, dimana nantinya masyarakat dapat menjual barang-barang elektronik bekas dan secara otomatis perangkat tersebut mulai menganalisis kondisi barang dan juga harga tertingginya, kemudian akan mengeluarkan harganya.
  3. Kulkas tanpa listrik, kulkas ini menjadi salah satu teknologi ramah lingkungan yang paling dinantikan oleh masyarakat, apalagi perannya yang sangat penting guna menjaga agar makanan tidak cepat mengalami pembusukan, tetap awet atau tahan lama. Munculnya kulkas tanpa listrik ini tentu akan menjadi solusi untuk para ibu rumah tangga tanpa harus keluar banyak tagihan listrik.
  4. Mobil listrik, ini termasuk teknologi yang sudah lama dikembangkan dan beberapa waktu belakangan sudah banyak yang bisa menikmatinya, dimana sekarang mobil tersebut tak lagi harus mengandalkan bahan bakar fosil, melainkan cukup dengan aliran listrik saja nantinya sudah dapat dijalankan.
  5. Taman atap rumah, kini tak ada batasan bagi masyarakat yang tinggal di kawasan padat penduduk atau kota besar jika memang ingin mendapatkan lingkungan hijau, karena bisa memanfaatkan atap rumah sebagai taman. Manfaat tambahan adalah keluarkan bisa mendapatkan udara yang bersih dan segar setiap harinya.
  6. Lantai penghasil listrik, negara Jepang sudah mulai mengaplikasikannya, dengan menggunakan keramik khusus, dimana setiap ada yang menginjak atau berlalu lalang di atasnya maka semakin banyak energi listrik yang nantinya dihasilkan hanya dari kegiatan manusia tersebut.

Diharapkan nantinya teknologi ramah lingkungan tersebut bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah penipisan ozon dan juga dapat memperpanjang usia bumi, sehingga tidak cepat menua dan rusak.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *