AI Dominasi Perkembangan Teknologi Ponsel Terbaru

AI Dominasi Perkembangan Teknologi Ponsel Terbaru

Gelaran bergengsi Mobile World Congress (MWC 2018) memajang jajaran smartphone yang segera bertarung di pasaran sepanjang tahun 2018 ini. Pabrikan smartphone sekelas Samsung, Sony, Nokia dan banyak lainnya pun tak segan memamerkan segala inovasi terbaru demi mendapatkan hati para penggila teknologi. Inovasi yang ditunjukkan antara lain bermacam fitur yang tersemat di produk terbaru yang diperkenalkan dalam pameran itu. Seperti yang diberitakan oleh New Atlas, Kamis, 1 Maret 2018 yang lalu, dari acara MWC tersebut dapat dibuat gambaran tentang apa saja yang akan nampak pada wajah ponsel yang sekaligus memberikan informasi tentang perkembangan teknologi smartphone setahun mendatang, antara lain;

AI Dominasi Perkembangan Teknologi Ponsel Terbaru

Kecerdasan Buatan

Sudah bisa ditebak, bahwa pada akhirnya kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) akan menjadi hal baru yang akan dimasukkan dalam smartphone. teknologi ini sudah menjadi garapan kalangan vendor ponsel papan atas. Diantaranya Google, Samsung, Apple, Sony dan Microsoft  yang semakin bersemangat mengolah program kecerdasan buatan untuk produk kebanggan mereka. Adopsi AI yang sudah menjadi tren ini akan semakin kencang dihembuskan tahun ini. Dimana AI tersebut tak hanya terintegrasi sebatas di softwarenya saja, melainkan sudah masuk ke bagian hardware ponsel.

Misalnya chip baru buatan Qualcomm, Samsung serta Huawei yang saat ini juga dibuat berdasar dengan kecerdasan buatan yang menghasilkan kemampuan chip lebih optimal menggunakan AI untuk kinerja perangkat yang semakin handal. Kelebihan dari AI sebenarnya terletak pada kemampuannya untuk mempelajari perilaku pengguna dalam kurun waktu tertentu. Bahkan teknologi ini sanggup mengenali pakaian pengguna untuk menetukan pengaturan kamera.

Beberapa wujud penggunaan kecerdasan buatan antara lain asisten virtual milik Samsung dan Apple yang kini sudah bisa mengenali suara hingga menerjemahkan perintah pengguna. Ada pula software pengelola daya milik Sony yang mempelajari perilaku charging pengguna, dan lain sebagainya yang menjadi penanda pesatnya perkembangan teknologi smartphone.

Bezel Tipis

Tahun ini, bezel atau bagian pinggiran layar akan makin tipis. Dapat dilihat pada Samsung Galaxy S9 atau S9 Plus yang menggunakan bezel lebih ramping dibanding produk lain pada tahun lalu. Begitu pula dengan Sony yang juga memangkas bezel perangkat terbarunya. Nyaris semua produsen yang ikut MWC 2018 juga melakukan hal serupa tak terkecuali Google yang juga menghilangkan bezel untuk Pixel 3.

Kamera dan Emoji

Dapat dipastikan bahwa smartphone tahun ini bakal menggunakan lensa dengan bukaan yang lebih luas masih mengikuti tren kamera generasi sebelumnya. Fitur emoji juga menjadi sasaran perkembangan teknologi yang paling terlihat dengan kemampuan membuat emot menyerupai wajah sang pemilik smartphone seperti di flagship milik Samsung dan Apple. Kemungkinan besar, fitur seperti ini akan banyak dijumpai di ponsel buatan tahun 2018.  

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *