Apa yang Dimaksud dengan Hoverboard? Simak Ulasan Lengkapnya Berikut Ini!

Saat ini alat transportasi lebih bervariasi dan beberapa diantaranya dikombinasikan juga dengan permainan, misalnya skateboard. Jika skateboard butuh dorongan dari kaki penggunanya agar bisa bergerak dan sekarang, bisa ditemukan alat seperti skateboard namun dibuat dengan teknologi canggih dan bahkan digunakan oleh beberapa artis ternama. Alat yang disebut dengan hendo atau hoverboard ini memiliki bentuk seperti layaknya papan skateboard.

 

Teknologi hondo tersebut mulai dibuat tahun 1950 saat ada alat yang mirip dengan hendo dan bernama flying platform. Kemudian, Nils Guadagnin dari Perancis membuat hendo dengan data tolak menolak di antara kutub magnet yang sama dan alat ini sudah dilengkapi dengan teknologi laser agar bisa membantu dalam menjaga kestabilannya walaupun belum mampu untuk menerima beban dari penggunanya. Di tahun 2014, Greg Henderson menyempurnakan alat tersebut dengan beban maksimal adalah 150 kg saat 1” melayang di atas tanah karena danya 4 mesin kecil untuk daya levitasi magnet layaknya kereta cepat sehingga terasa lebih mulus saat digunakan.

 Baca juga : Kecanggihan Pesawat Siluman

Di tahun 2015, hoverboard mulai terkenal dan begitu diminati. Bahkan di salah satu situs alat ini terjual hingga 5.000 unit ketika black Friday setelah perayaan thanksgiving. Alat yang pertama kali diperkenalkan pada film Back to The Future 2 & 3 ini memiliki design yang berbeda dari konsep awal. Alat ini menggunakan roda dengan sistem gyroscope sehingga memungkinkan orang yang menggunakannya tetap bisa berdiri tegak dan seimbang. Alat yang memiliki design self balancing scooters ini memiliki microprocessor yang bisa digunakan untuk mengatur kinerja motor serta sumber tenaga dari baterai.

 

Walaupun hendo ini begitu diminati, namun ada hal yang harus diperhatikan, yaitu keamanan. Jika dilihat dari desainnya, alat transportasi pribadi ini dibuat agar mudah untuk dibuat ataupun dikendalikan. Namun ada beberapa merk yang membuat hendo yang diblokir dari situs toko online terbesar di Amerika karena masalah baterai yang mudah meledak. Beberapa produsen tidak memenuhi standar kualitas yang sudah ditentukan dan bahkan di Inggris, 17 ribu hendo yang diimpor sejak Oktober pada tahun 2015 ini mengemukakan jika 88% diantaranya dianggap tidak bagus kualitasnya.

 

Di beberapa tempat seperti Inggris atau di Amerika melawan penggunaan hoverboard di jalanan umum. Hal tersebut disebabkan karena penggunaan alat tersebut bisa mengganggu pejalan kaki yang lain serta dapat mengacaukan arus lalu lintas. Sedangkan jika hanya dipergunakan untuk berkeliling jarak dekat, alat ini masih bisa untuk dipergunakan sebagai alat transportasi pribadi. Saat menggunakannya, Anda juga sebaiknya harus melatih keseimbangan Anda terlebih dahulu sebelum membawa dan menggunakan alat ini di tempat yang banyak orang walaupun hanya dipergunakan dalam jarak dekat misalnya hanya untuk ke taman yang jaraknya hanya 500 m dari rumah, dengan tujuan agar Anda tidak jatuh dan celaka.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *