Asimo, Robot Tercanggih Di Dunia Saat Ini

Siapakah robot tercanggih di dunia saat ini? Jawabannya pastilah robot Asimo. ASIMO, adalah singkatan dari Advanced Step in Innovative Mobility. Adalah sebuah robot humanoid yang dirancang dan dikembangkan oleh Honda. Diperkenalkan pada 21 Oktober 2000, ASIMO dirancang untuk menjadi asisten ponsel multi-fungsional.  

Dengan aspirasi yang  membantu mereka untuk mobilitas secara penuh,  robot tercanggih ASIMO sering digunakan dalam demonstrasi di seluruh dunia untuk mendorong studi sains dan matematika. Robot asimo mempunyai tinggi 130 cm dan berat 48 kg.

ASIMO dirancang untuk beroperasi di lingkungan dunia nyata, dengan kemampuan untuk berjalan atau berlari dengan dua kaki pada kecepatan hingga 9 kilometer per jam (5,6 mph). Di Amerika Serikat, robot tercanggih ASIMO merupakan bagian dari daya tarik Innoventions di Disneyland dan telah ditampilkan dalam 15 menit pertunjukan yang disebut “Say ‘Hello’ untuk Honda ASIMO” sejak Juni 2005.

Robot ini  telah membuat penampilan publik di seluruh dunia, termasuk Consumer Electronics Show (CES), Museum Miraikan dan Honda Collection Hall Jepang, dan festival Ars Electronica di Austria. Robot Asimo adalah termasuk robot paling pintar di dunia saat ini dalam menghadapi era masa depan yang semakin berkembang.

Pengembangan Asimo:

Honda mulai mengembangkan robot humanoid ini  pada  tahun 1980-an, termasuk beberapa prototipe yang mendahului ASIMO.  tujuan perusahaan tersebut untuk membuat robot berjalan. E0 adalah yang pertama bipedal (berkaki dua) model yang diproduksi sebagai bagian dari seri Honda E, yang merupakan garis eksperimental awal robot humanoid yang diciptakan antara tahun 1986 dan 1993.

Hal ini diikuti oleh seri Honda P robot yang dihasilkan dari tahun 1993 sampai 1997 , yang termasuk pertama mengatur diri sendiri, humanoid robot berjalan dengan gerakan nirkabel.

Penelitian yang dilakukan pada E- dan P-series menyebabkan penciptaan dari ASIMO. Pembangunan dimulai pada Honda Wako Fundamental Technical Research Center di Jepang pada tahun 1999 dan ASIMO ini diresmikan pada bulan Oktober 2000.

Berbeda dari pendahulunya, ASIMO adalah robot pertama yang menggabungkan gerakan kontrol yang diprediksi, memungkinkan untuk meningkatkan fleksibilitas sendi dan halus, lebih mirip manusia saat gerakan berjalan.  Diperkenalkan pada tahun 2000, versi pertama dari ASIMO dirancang untuk berfungsi dalam lingkungan manusia, yang akan memungkinkan untuk lebih baik membantu orang dalam situasi dunia nyata. Sejak itu, beberapa model diperbarui telah diproduksi untuk memperbaiki kemampuan aslinya melaksanakan tugas bantuan mobilitas. Sebuah robot ASIMO baru diperkenalkan pada tahun 2005, dengan kecepatan berjalan meningkat menjadi 3,7 mph, yang dua kali lebih cepat robot aslinya.  

Pada tahun 2007, Honda memperbarui teknologi intelijensia pada ASIMO, memungkinkan beberapa robot ASIMO untuk bekerja sama dalam koordinasi. Versi ini juga memperkenalkan kemampuan untuk minggir ketika manusia mendekati robot.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *