Bagaimana Cara Kerja Bluetooth Beacon

iBeacon adalah nama untuk standar teknologi Apple, yang memungkinkan Mobile Apps (berjalan di kedua iOS dan perangkat Android) untuk mendengarkan sinyal dari beacon di dunia fisik. Pada dasarnya, teknologi iBeacon memungkinkan Mobile Apps untuk memahami posisi mereka pada skala mikro-lokal, dan menyampaikan konten hiper-kontekstual kepada pengguna berdasarkan lokasi. Teknologi komunikasi yang mendasari adalah Bluetooth Low Energy atau biasa disebut Bluetooth beacon.

Apa itu  Bluetooth Low Energy (BLE)?

Bluetooth Low Energy adalah teknologi jaringan wilayah pribadi nirkabel yang digunakan untuk transmisi data jarak pendek. Seperti namanya, itu dirancang untuk konsumsi energi yang rendah dan biaya murah, sambil mempertahankan berbagai komunikasi mirip dengan pendahulunya,Bluetooth biasa.

Bagaimana Bluetooth Low Energi  (BLE) berbeda dari Bluetooth biasa?

   Konsumsi Daya: Bluetooth LE, sebagai petunjuk nama, memiliki kebutuhan energi yang rendah. Hal ini dapat bertahan hingga 3 tahun pada baterai sel koin tunggal.

   Biaya rendah: BLE adalah 60-80% lebih murah daripada Bluetooth sebelumnya.

   Aplikasi: BLE sangat ideal untuk aplikasi sederhana yang membutuhkan transfer periodik kecil data. Bluetooth lebih disukai untuk aplikasi yang lebih kompleks yang membutuhkan komunikasi yang konsisten dan lebih throughput data.

Bagaimana BLE kerja komunikasi?

komunikasi BLE terutama terdiri dari “Iklan”, atau paket kecil data, yang disiarkan pada interval reguler oleh Bluetooth Beacons atau perangkat BLE diaktifkan lain melalui gelombang radio.

BLE Periklanan adalah metode komunikasi satu arah. Beacon yang ingin “ditemukan” bisa menyiarkan, atau “Iklan” paket mandiri data dalam interval set. paket ini dimaksudkan untuk dikumpulkan oleh perangkat seperti smartphone, di mana mereka dapat digunakan untuk berbagai aplikasi smartphone untuk memicu hal-hal seperti pesan push, tindakan aplikasi, dan petunjuknya.

panggilan standar Apple iBeacon untuk selang waktu siaran optimal 100 ms. Broadcasting lebih sering menggunakan baterai yang lebih tetapi memungkinkan untuk penemuan lebih cepat dengan smartphone dan perangkat mendengarkan lainnya. Standar BLE memiliki jangkauan siaran hingga 100 meter,

Dengan iBeacon, Apple telah dibakukan format untuk BLE Advertising. Dengan format ini, paket iklan terdiri dari empat bagian utama informasi.

UUID: Ini adalah string 16 byte digunakan untuk membedakan kelompok besar beacon terkait. Misalnya, jika Coca-Cola mempertahankan jaringan beacon di jaringan toko kelontong, semua beacon Coca-Cola akan berbagi UUID yang sama. Hal ini memungkinkan aplikasi smartphone khusus Coca-Cola untuk tahu mana beacon iklan berasal dari beacon Coca-Cola milik.

Mayor: Ini adalah string 2 byte digunakan untuk membedakan subset kecil dari beacon dalam kelompok yang lebih besar. Misalnya, jika Coca-Cola memiliki empat beacon di sebuah toko kelontong tertentu, keempat akan memiliki Mayor yang sama. Hal ini memungkinkan Coca-Cola untuk tahu persis yang menyimpan pelanggan dalam.

Kecil: Ini adalah string 2 byte dimaksudkan untuk mengidentifikasi Bluetooth beacon individu. Sesuai dengan contoh Coca-Cola, sebuah mercusuar di depan toko akan memiliki kecil yang unik. Hal ini memungkinkan aplikasi khusus Coca-Cola untuk tahu persis di mana pelanggan berada di toko.

Tx Power: ini digunakan untuk menentukan kedekatan (jarak) dari beacon. Bagaimana cara kerjanya? daya TX didefinisikan sebagai kekuatan sinyal persis 1 meter dari perangkat. Ini harus dikalibrasi dan hardcoded di muka. Perangkat kemudian dapat menggunakan ini sebagai dasar untuk memberikan perkiraan jarak

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *