Bangkitnya Teknologi Robot Indonesia Melalui Kontes Robot

Pemerintah Indonesia mendukung perkembangan robotika bagi putra putri bangsa melalui penyelenggaraan kontes robot Indonesia (KRI). Kontes ini banyak di ikuti oleh berbagai tim yang berasal dari kalangan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi baik itu swasta maupun negeri yang terdaftar pada kementrian riset teknologi dan perguruan tinggi. Hal ini bertujuan untuk mendorong generasi muda agar lebih kreatif dan produktif di masa mendatang khususnya dalam bidang robotika di Indonesia. Dalam KRI terdapat beberapa di visi atau bagian untuk dipertandingkan diantaranya ABU Indonesia (KRAI), Pemadam Api Indonesia (KRPAI) type roda dan kaki, serta Sepak Bola Indonesia (KRSBI).

Mekanisme penyelenggaraan kontes ini dimulai dari tingkat regional kemudian bagi pemenang tingkat regional akan di undang dan dipertandingkan kembali di tingkat nasional. Selanjutnya bagi pemenang tingkat nasional akan mendapat pembimbingan serta bantuan biaya agar dapat mengikuti kontes tingkat internasional. Tentu menjadi sebuah harapan serta kebanggaan tersendiri apabila mampu bersaing di tingkat internasional apalagi jika berhasil memenangkan kontes tersebut dan mampu mengalahkan kontestan lain yang berasal dari luar negeri.

Tujuan penyelenggaraan kontes robot ini tidak lain adalah sebagai berikut:

Mampu menumbuh kembangkan serta meningkatkan kreatifitas bagi mahasiswa peserta kontes.

  • Mengaplikasikan ilmu yang di dapat selama pendidikan dalam hal teknologi robotika.
  • Menanamkan budaya kompetitif secara positif di kalangan perguruan tinggi.
  • Meningkatkan kepekaan terhadap budaya bangsa.
  • Mampu meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan mengenai aplikasi sensor serta teknik kendali yang mutakhir.
  • Menentukan tim terbaik dari beberapa wilayah kompetisi di tingkat nasional.
  • Menentukan duta bangsa sebagai peserta untuk mewakili Indonesia pada kontes tingkat internasional.

Awal mula penyelenggaraan kontes Indonesia atau KRI ialah pada tahun 1993 saat itu Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) setelah di undang oleh ajang kontes ini di Jepang NHK Robocorn selama 2 tahun berturut-turut yaitu di tahun 1991 dan 1992 kemudian Di tahun 1993, dengan mengadopsi tema dari keikut-sertaannya pada kontes di Jepang, PENS menyelenggarakan kontes yang berjudul Indonesian Robot Contest atau IRC yang di ikuti oleh empat perguruan tinggi antara lain UI, UDIP, POLBAN, serta peserta dari tuan rumah PENS itu sendiri.

Setelah jeda cukup lama kemudian PENS mengadakan kontes kembali pada penyelenggaraan yang kedua, ke tiga dan juga yang ke empat di laksanakan tahun 1999, tahun 2000 dan tahun 2002 dengan penyelenggara dari pihak PENS. Pada tahun 2003 DIKTI memutuskan untuk menjadikan kontes robot ini sebagai ajang tahunan dan telah berlangsung hingga saat ini. Tertarik untuk ikut serta mengikuti kontes yang menarik ini?

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *