Beberapa Alat Ini Menggunakan Tenaga Surya Sebagai Sumber Dayanya untuk Menghemat Bahan Bakar di Dunia

Beberapa Alat Ini Menggunakan Tenaga Surya Sebagai Sumber Dayanya untuk Menghemat Bahan Bakar di Dunia

Setiap alat yang diciptakan manusia pastinya memerlukan sumber daya atau sumber tenaga untuk dapat membuatnya bekerja, berjalan dan dapat digunakan oleh manusia untuk berbagai hal. Saat ini di Indonesia, penggunaan bahan bakar minyak sudah semakin meningkat dan menimbulkan beberapa kerugian yang dirasakan secara langsung dan tidak langsung. Misalnya saja menghasilkan polusi udara, membuat kantong menjadi lebih cepat bolong, harus diisi dalam beberapa waktu sekali, dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut pastinya akan merasa menyulitkan Anda dan membuat pemakaiannya pun semakin terasa tidak nyaman. Sekarang ini, selain bahan bakar minyak, Anda pun dapat menggantinya dengan sumber daya lain yang pastinya murah, tidak ada habisnya serta tidak menimbulkan efek negatif, yakni tenaga suryaMeski pun sekarang ini sangat sedikit yang menggunakannya, namun beberapa masyarakat Indonesia sudah mulai melirik untuk membeli segala perangkat yang menggunakan tenaga tersebut, seperti:

Beberapa Alat Ini Menggunakan Tenaga Surya Sebagai Sumber Dayanya untuk Menghemat Bahan Bakar di Dunia 

  • Pembangkit Listrik

Hampir di seluruh dunia yang dimana ditempati oleh manusia, terutama jika daerah tersebut padat maka akan menggunakan listrik untuk menjalankan segala peralatan yang mereka gunakan dan butuhkan dalam sehari-hari. Namun, listrik sekarang sudah semakin mahal karena memerlukan bahan bakar yang tepat. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan PLTS atau pembangkit listrik yang dapat berjalan dengan cahaya matahari saja. Beberapa negara termasuk Indonesia pun sudah menggunakan daya alternatif ini sebagai pilihan untuk mengalirkan listrik ke seluruh rumah tangga yang ada.

  • Kendaraan

Selain pembangkit listrik, tenaga surya sekarang ini juga digunakan sebagai sumber daya untuk menggerakkan sebuah kendaraan. Memang jenis kendaraan yang menggunakan tenaga ini pastinya tidak seperti kendaraan yang kita gunakan sekarang. Pastinya kendaraan tersebut didesain secara khusus dan memiliki desain yang juga begitu unik. Namun sangat jarang jenis kendaraan ini dipergunakan di Indonesia karena kebanyakan dari masyarakatnya sudah terlanjur merasa nyaman menggunakan kendaraan bermotor. 

  • Water Heater

Selain untuk hal-hal besar, ternyata sinar matahari juga dapat dimanfaatkan sebagai tenaga untuk memanaskan air dan dipergunakan setiap harinya untuk mandi. Pastinya Anda harus membeli terlebih dahulu peralatannya dan biasanya dipasangkan pada atap-atap rumah. Jenis peralatan yang satu ini merupakan yang paling sering ditemukan di Indonesia, terutama di beberapa perumahan mewah yang terletak di kota besar seperti Jakarta in.

Beberapa alat tersebutlah yang saat ini memanfaatkan tenaga surya sebagai sumber daya yang menggerakkan atau membuat suatu alat dapat bekerja dengan lancar. Pemakaian tenaga tersebut bertujuan untuk menggantikan bahan bakar minyak yang semakin hari persediaannya semakin menipis, serta juga mengurangi polusi yang diciptakan akibat pembakarannya tersebut. Memang ada beberapa jenis alat yang jarang digunakan di Indonesia, namun setidaknya ada sebagian dari masyarakatnya yang sudah menyadari bahwa sinar matahari merupakan sumber tenaga yang paling tiada habisnya dan juga menguntungkan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *