Beberapa Tips Memilih dan Rekomendasi Kacamata VR

Beberapa Tips Memilih dan Rekomendasi Kacamata VR

VR atau Virtual Reality merupakan sebuah teknologi untuk menstimulasi dunia maya. Untuk pengguna teknologi bisa langsung berinteraksi dalam dunia tersebut. Hadirnya kacamata VR membuat industri game semakin lebih seru, akan begitu banyak game unik dari kecanggihan teknologi dan pemakainya merasa berpengalaman yang jauh lebih nyata ketika berada di dunia digital tersebut. Alat ini sudah banyak yang beredar dan dengan kacamata ini pengalaman bermain game akan lebih nyata dan seru.

 Beberapa Tips Memilih dan Rekomendasi Kacamata VR

Berikut adalah tips memilih VR diantaranya:

  • Perhatikan display, didalam HMD terdapat display panel yang dibagi untuk masing-masing mata penggunanya. Jika performa buruk, sensasi immersion akan berkurang dan ada kemungkinan akan timbul masalah seperti mabuk VR.
  • Semakin tinggi performanya maka semakin intens sensasi immersion yang dihasilkan, kebanyakan spesifikasi HMD dibagi dua untuk masing-masing panel di kedua mata dan HMD sudah full HD harus memperhatikan resolusi di kedua panelanya, panel yang digunakan OLED untuk gambar yang lebih bagus.
  • Viewing angle, menunjukkan ruang lingkup yang dilihat menggunakan HMD, HMD memiliki viewing angle sekitar 90-110dan akan menghasilkan performa yang lebih baik.
  • Manfaat dua buah panel, adanya dua panel mengatur jarak antara kedua mata dengan menyesuaikan posisi panel karena satu panel akan kesulitan mengatur jarak antara mata kiri dan mata kanan.

Saat memilih kacamata VR perlu juga memperhatikan angka refresh rate yang dinyatakan dalam Hz, semakin tinggi angkanya maka semakin halus visual yang dihasilkan. Refresh rate adalah poin paling diperhatikan dalam memilih HMD dan perpindahan posisi objek akan lebih enak dilihat bila refresh rate semakin tinggi. Jika refresh rate rendah maka jeda dengan dunia nyata akan langsung terasa dan mengakibatkan penggunanya dapat cepat mabuk.

Berikut adalah beberapa rekomendasi VR diantaranya:

  • HTC Vive, segala konten VR ditampilkan langsung dari hardware yang ada didalam headset, terdapat dua buah sensor gerak seperangkat cardboard dan kabel HDMI.
  • Xiaomi Mi VR, dengan desain yang merasakan sensasi film 3D, adanya fitur untuk mendukung panorama video serta gambar menggunakan lensa aspherical untuk tampilan yang lebih jernih dan berbahan lycra kelas tinggi sehingga tahan lama digunakan..
  • Oculus Rift, tampilan super canggih dan tampilannya sangat tajam untuk efek visual tidak biasa dengan teknologi display yang dipadukan dengan sistem pelacakan konstelasi latensi.

Selain itu, ada juga kacamata VR yaitu Shinecon VR dengan penggunaan remote control untuk mengubah smartphone menjadi bioskop pribadi. Produknya fleksibel digunakan dengan adanya kontrol focal length untuk mengontrol volume. Ada juga Google Cardboard V2 dilengkapi headphone dalam bentuk paket dengan lensanya berbahan plastik menggunakan resin optik definisi tinggi dengan 3 tali pengikat dan pelindung busa wajah yang super nyaman.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *