Bentuk-bentuk Transaksi yang Bisa Dilakukan dengan Uang Digital

Beberapa tahun belakangan ini sistem transaksi secara digital memang tengah populer di tengah-tengah masyarakat. Mengingat jauh lebih mudah dan juga aman. Tak jauh berbeda dengan itu banyak diantara perusahaan yang mulai mengeluarkan uang digital. Mungkin tak begitu asing lagi bagi Anda, dimana uang ini bisa digunakan untuk berbagai program transaksi, baik itu membeli barang-barang atau juga menggunakan jasa yang sifatnya langsung maupun tak langsung.

Apakah e-money ini sama dengan kartu kredit? Banyak memang diantara masyarakat yang salah menyamakannya, padahal jauh berbeda. Kartu kredit adalah sebuah kartu yang dapat dipakai sebagai sarana pembelian. Dengan cara membuatnya di sebuah bank, kemudian pilah-pilih limit yang berlaku. Kemudian setiap pembayaran yang dilakukan akan langsung tercatat di bank, sedangkan untuk sistem pelunasan nantinya dilakukan sekali dalam sebulan. Namun e-money tidak.

Sistem dari uang digital ini adalah Anda membuat sebuah kartu dan didalamnya sudah diisi dengan nominal terlebih dahulu, bukan tagihan di akhir. Sesuai dengan jumlah yang ada, maka Anda bisa menggunakannya untuk berbagai macam kebutuhan. Dengan menggunakan kartu ini, maka konsumen juga tak dikenai dengan tambahan bunga. Umumnya ada beberapa perusahaan yang menerbitkannya, diantaranya adalah:

  1. Perusahaan transportasi umum, sebut saja diantaranya negara-negara maju seperti Jepang, Korea Selatan, masyarakat yang ingin kemanapun menggunakan sarana transportasi umum tak harus membayar dalam bentuk nominal, melainkan langsung menyorot kartu e-money tersebut. Jauh lebih mudah dan pastinya aman, bayarnya adalah untuk satu harga, jarah jauh nominalnya sama. Tak membutuhkan lebih banyak pekerja di dalamnya, cukup satu supir sama maka cukup menjalankan transportasi ini.
  2. Minimarket, di Indonesia sendiri sudah cukup banyak minimarket yang menerapkan sistem tersebut, dengan mengeluarkan kartu member pada konsumennya, nantinya mereka bisa menggunakan untuk kebutuhan berbelanja sesuai dengan nominal yang dibeli. Banyak keuntungan pembayaran dengan menggunakan sistem ini, salah satunya adalah harga spesial. Tanpa tambahan potongan pajak maupun bunga.
  3. Pembayaran secara online, keuntungan bagi Anda yang senang membeli berbagai macam kebutuhan lewat situs jual beli online, baik itu yang ada di dalam maupun luar negeri. yaitu bisa lakukan pembayaran secara lebih mudah. hanya tinggal memasukkan nomor kartu dan juga jumlahnya saja, hampir sama dengan credit card. Namun sekali lagi ia tanpa tambahan bunga.

Program-program spesial juga terus ditawarkan untuk pengguna dari e-money ini, seperti bisa mendapatkan potongan harga, juga keamanan dalam penggunaannya. Lebih praktis dibandingkan dengan membayar menggunakan uang tunai. Uang digital sudah banyak diterbitkan oleh perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia, Anda bisa membuatnya secara mudah, pastikan juga buat sesuai dengan kebutuhan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *