Beragam Kegunaan Tripod Kamera

kegunaan tripod kamera

Sebagai pecinta fotografi maupun videografi, tripod sudah tidak lagi asing bagi anda. Alat yang digunakan sebagai tempat untuk menopang kamera ini memiliki fungsi yang sangat besar bagi penggunanya. Biasanya, tripod kamera dan handycamp jenisnya sama, namun tripod untuk kamera video profesional beda lagi jenisnya. Untuk tripod handycam dan camera biasanya menggunakan jenis compact. Namun berbeda lagi dengan yang biasa digunakan untuk kamera video profesional. Tripod yang dipilih juga lebih kuat dan besar. Jenis kamera video biasanya menggunakan pedestal yang sangat besar dan dolly untuk memenuhi kebutuhan tracking.

Tripod yang bagus adalah yang kuat dan dapat membawa beban keseluruhan pada kamera. Kekuatan tripod tertumpu pada tiga kaki yang terbuka dan memiliki lock sebagai pengunci agar tidak bergeser. Pada bagian atas tripod atau yang biasa disebut head terdapat plat yang ditempelkan pada kamera, kemudian kamera diletakkan pada posisi plat semula. Jangan lupa untuk mengunci agar kamera tidak terjatuh. pada kepala tripod biasanya juga terdapat pegangan yang digunakan untuk paning ke kiri dan ke kanan, atau till up dan till down. Leher tripod biasanya terdapat besi yang bisa dipanjangkan dan dipendekkan.

Pada tripod kamera banyak dipasang lock yang berfungsi untuk mengunci setiap bagian agar aman pada posisi yang diinginkan. Kami tripod yang berjumlah 3 buah juga dapat di panjang dan pendekkan sesuai dengan kebutuhan. Tanpa menggunakan tripod bagi Anda pengguna kamera video akan sangat capek saat melakukan pengambilan gambar. Fungsi lainnya agar gambar tidak goyang. Begitu juga pada kamera foto, tripod berfungsi agar gambar yang dihasilkan tidak goyang. Apalagi pada saat pengambilan gambar dengan ISO rendah sehingga speed yang dibutuhkan lebih besar. Tanpa menggunakan tripod gambar yang Anda hasilkan tidak bisa fokus dan blur. Ditambah lagi apabila Anda menggunakan lensa tele yang panjang dan berat, adanya tripod akan sangat membantu.

Fungsi lainnya yang dimiliki oleh tripod adalah pada saat Anda melakukan foto sesion tapi tidak membawa crew, Anda bisa memanfaatkan fasilitas timer dan meletakkan kamera pada tripod, sedangkan Anda bisa melakukan hal lain seperti memegang reflector untuk mengatur cahaya dan lain sebagainya. Dengan memanfaatkan fasilitas timer pada kamera dan tripod Anda juga bisa berfoto bersama dengan teman atau saudara apabila tidak ada orang lain yang diminta tolong untuk mengambil gambar.

Banyak fungsi tripod kamera yang bisa dimanfaatkan bagi pecinta fotografi. Selain itu jenisnya juga sangat beragam, seperti libec, potird dan masih banyak lagi lainnya. Ukuran yang dimiliki oleh tripod juga beragam. Namun yang perlu diingat dalam memilih tripod adalah yang kuat namun ringan, sehingga akan mudah untuk membawanya pada saat akan mengambil gambar.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *