Berikut adalah Solusi Perbaikan Lampu Kulkas yang Mati

lampu kulkas mati

Apakah kita pernah mengalami lampu kulkas mati? kita akan merasa aneh jika membuka kulkas ada yang berbeda. Biasanya kita membuka pintu kulkas lampunya menyala dan terlihat terang, sehingga mampu melihat apa saja isi yang ada di kulkas kita. Berbanding terbalik, jika kalian membuka pintu kulkas terlihat gelap, berarti lampu pada kulkas kita bermasalah yaitu lampu kulkas mati.
Fungsi lampu kulkas untuk menerangi isi dan keadaan dalam kulkas. Sistem lampu kulkas menggunakan open close door secara otomatis. Saat kalian membuka pintu lampu kulkas akan otomatis menyala. Sebaliknya. Saat kita menutup pintu kulkas, maka lampu kulkas akan otomatis mati.

Bagaimana jika lampu kulkas mati? Ada 2 kemungkinan. hal yang bisa menjadi kemungkinan. Pertama, lampu kulkas mati tapi tetap dingin. Kemungkinan terakhir yaitu lampu kulkas mati tapi kulkas tidak dingin. Untuk kemungkinan terakhir ini, kita harus berhati-hati dan perlu perbaikan. Sedangkan kemungkinan pertama hanya perlu pergantian lampu yang baru.

Untuk mengatasi kemungkinan-kemungkinan tersebut, diperlukan cara memperbaiki lampu kulkas yang mati. Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan diantaranya:

1. Cari Letak Lampu Kulkas

Langkah pertama untuk mengatasai lampu kulkas mati, kiita harus mencari letak keberadaan lampu kulkas. Selanjutnya, biasanya pada samping lampu kulkas terdapat tombol on/off otomatis. Untuk mengetahui lampu kulkas kita masih berfungsi dengan baik atau lampu kulkas mati yaitu dengan membuka dan menutup pintu kulkas. Dengan cara itu, kita bisa mengetahui keadaan kulkas yang sebenarnya.

2. Buka Penutup Lampu Kulkas

Untuk langkah mengatasai lampu kulkas mati yang selanjtunya, buka penutup lampu pada kulkas. Setelah terbuka, lepaskan lampu dari fittingnya. Namun, perlu ingat. kita pastikan arus aliran listrik ke dalam kulkas sudah terputus atau saklarnya sudah tercopot dari colokan. Agar tidak ada aliran listrik yang masih masuk dalam kulkas. Bahaya jika masih ada arus listrik yang masuk dalam kulkas agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Untuk membuka tutup lampu kulkas tinggal membuka baut dengan obeng yang menjadi penutupnya.

3. Membeli Lampu Baru sebagai Pengganti

Langkah selanjutnya untuk mengatasai lampu kulkas mati dengan membeli lampu baru yang sesuai. Belilah lampu yang sama dan sesuai standarnya. Jika kita kesulitan, tinggal bawa saja lampu kulkas mati tersebut ke toko elektronik. Tunjukkan saja contoh lampu kulkasnya. Sangat mudah untuk menemukan lampu kulkas, hampir setiap toko elektronik atau toko lampu dan listrik menyediakan lampu kulkas yang beragam. Sebelum kita membawa pulang, cobalah terlebih dahulu di toko tersebut, agar kita mendapatkan perjanjian jual beli. Terkadang terdapat toko yang tidak bisa ditukar apabila sudah membeli barang di toko itu. Tujuanya agar nanti tidak ada kerusakan dan bahkan kita mendapatkan garansi dari toko itu. Kita perlu memastikan hal tersebut.

4. Pasanglah Lampu Baru Kulkas

Langkah terakhir, untuk mengatasai lampu kulkas mati setelah lampu yang baru kita dapatkan, yaitu dengan cara memasang lampu kulkas yang baru pada fittingnya. Sebelum kita memasang baut pada penutup lampu. Cobalah terlebih dahulu dengan mencolokkan saklar kulkas pada aliran listrik. Kemudian, cara sederhana coba nyalakan tombol kecil otomatis open/close di sebelah pintu. Selain itu, kita juga bisa mencoba dengan membuka dan menutup pintu kulkas, apabila lampu dapat menyala ketika pintu kulkas dibuka dan lampu kulkas mati ketika ditutup berarti lampu kulkas sudah berfungsi dengan normal. Selanjutnya, pasang kembali baut pada penutup pintu kulkas agar lampu tidak lepas, tertutup, dan tidak terkena air.

Terlihat mudah bukan? Cara memperbaiki lampu kulkas mati. Sangat terlihat mudah dan sederhana. Jadi tidak perlu memanggil jasa elektronik profisional dan membuang uang untuk hal kerusakan ringan. Semoga tulisan ini dapat membantu. Selamat mencoba!…. Terima kasih.