Berikut Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Tidak Dapat Berputar

cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar

Bagi anda yang menggunakan mesin cuci, tentu pernah mengalami kendala seperti pengering mesin cuci yang tidak dapat berputar. Padahal fungsi pengering sangat bermanfaat sebab anda tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk memeras cucian dan pakaian dapat lebih cepat kering. Nah, untuk mengetahui penyebab mesin cuci tidak dapat berputar, anda harus mengetahui beberapa bagian terpenting pada pengering atau dry spinner. Berikut ini akan dibahas cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar.

1. Penyebab pengering mesin cuci tidak dapat berputar

Sebelum memperbaiki mesin cuci, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab pengering tidak dapat berputar. Diantaranya adalah:

a. Sambungan kabel terputus
Penyebab yang paling sering terjadi adalah adanya sambungan kabel yang putus. Hal ini dapat disebabkan oleh gigitan tikus. Nah, kabel ini yang menyebabkan pengering tidak dapat berfungsi dengan baik.

b. Terputusnya tali pada rem pengering
Penyebab kedua adalah tali pada rem pengering terputus. Rem pengering berfungsi untuk membuat dinamo pengering dapat berhenti secara konstan ketika pintu pengering dibuka. Jika tali rem terputus, maka dinamo akan terus mengerem sehingga mesin pengering tidak dapat bekerja. Cara mengganti tali rem tidaklah sulit. Anda dapat mengganti dengan tali yang kuat. Serta perhatikan mekanisme kerja tali rem agar tetap pada posisi mengerem saat pintu pengering terbuka.

c. Kapasitor rusak atau terbakar
Kapasitor dapat rusak apabila selalu bekerja terus menerus tanpa henti sehingga kinerjanya tidak maksimal.

d. Kerusakan pada spin
Kerusakan yang satu ini cukup sering terjadi. Hal ini bisa jadi karena lilitan dinamo putus atau terlalu pendek. Untuk kerusakan jenis ini mengharuskan anda untuk membeli dinamo baru. Akan tetapi Karena harganya cukup mahal, ada baiknya anda mempertimbangkan untuk membeli mesin cuci baru.

2. Cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar

a. Periksa kondisi kabel mesin cuci
Cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar yang pertama adalah dengan memeriksa kondisi kabel. Mungkin saja kabel mesin cuci anda putus atau dimakan tikus. Anda dapat menyambung kembali kabelnya dengan melihat warna yang sesuai. Kemudian bersihkan bagian dalam mesin cuci secara rutin. Biasakan untuk menutup pintu mesin cuci sehingga tidak ada tikus yang dapat masuk.

b. Ganti dengan kapasitor bar
Cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar yang kedua adalah dengan mengganti kapasitor baru. Ambil kapasitor lama dan amati bagian yang rusak. Anda dapat membeli kapasitor baru dengan merk dan kapasitas arus yang sama.

c. Mengecek kondisi tali rem
Cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar yang ketiga adalah anda dapat melakukan pengecekan pada tali rem. Kemungkinan tali rem mesin cuci anda seret. Anda dapat menggantinya dengan yang baru. Kemudian periksa lagi hingga mesin cuci dapat berfungsi normal.

d. Ketahui kondisi dinamo mesin cuci anda
Cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar yang keempat adalah dengan memperbaiki dinamo mesin cuci ke tukang service. Apabila kondisi kerusakan sudah parah, biasanya akan diganti dengan dinamo baru.

e. Ganti dengan timer baru
Cara memperbaiki mesin cuci 2 tabung pengering tidak berputar selanjutnya adalah dengan mengganti timer baru. Hal ini biasanya terjadi karena bagian pegas pada mesin cuci sudah usang. Timer juga biasanya disukai oleh semut dan kecoa. Anda dapat menggantinya dengan timer baru yang sesuai dengan merk mesin cuci anda.

Nah itulah tadi beberapa cara memperbaiki mesin cuci berputar searah yang dapat anda coba di rumah. Dengan mencoba cara diatas, anda dapat mencegah pengeluaran perbaikan bahkan untuk membeli mesin cuci baru. Selamat mencoba, ya!