Berita Terbaru, Cara Mengetahui Ponsel Anda Sedang Disadap!

Berita terbaru mengenai penyadapan ponsel di jaman serba canggih seperti sekarang ini bukanlah hal yang tidak mungkin. Dengan ketersediaan peralatan, teknologi dan sistem penyadapan bisa dengan mudah dilakukan.

Kita sering melihat tayangan film action atau berita terbaru mengenai bukti-bukti pengadilan yang didapat dari obrolan/ teks diponsel. Banyak orang yang bertanya, bagaimana sebenarnya penyadapan itu dilakukan dan apa tanda-tandanya jika ponsel disadap. Sekarang penyadapan bisa jadi bukan hanya ke pejabat atau para koruptor saja, tetapi bisa bisa ke siapapun juga.

Jenis Penyadapan

Ada dua jenis penyadapan, yang pertama menggunakan alat berdasarkan frekuensi telepon. Alat penyadapan ini harganya sangat mahal dan tidak semua orang atau lembaga bisa memilikinya. Alat sadap tersebut bernama ATIS Geher Gmbh buatan Jerman, harganya sangat fantasis mencapai 1 – 4 milliar. Sedangkan yang kedua adalah penyadapan menggunakan sofware, biasanya melalui handphone.

Ciri-Ciri Ponsel Anda Disadap

Sebagian dari kita mungkin bertanya-tanya apakah ada ciri-ciri atau tanda bahwa sebuah ponsel sedang dilacak, disadap oleh pihak tertentu. Nah, berikut ini adalah ciri-ciri sebuah ponsel sedang disadap.

  • Ada suara-suara yang mengganggu

Jika Anda sedang menerima telephone lalu muncul suara-suara yang mengganggu seperti berdengung panjang atau suara lawan bicara seperti sedang berada di lorong yang bergema, bisa jadi ponsel Anda sedang disadap.

Suara mengganggu tersebut memang wajar, namun itu karena jaringan analog yang digunakan jaman dulu. Berbeda dengan sekarang, dimana jaringan telepon sudah menggunakan teknologi digital yang membuat suara terdengar lebih jernih dan jelas.

Baca Juga:Berita Terbaru Teknologi, Cara Mengatasi Layar Sentuh Ponsel Bermasalah

  • Baterai cepat habis

Ciri lainnya ponsel yang disadap adalah baterai cepat habis, karena semua aktivitas diponsel semua direkam. Untuk memastikannya Anda bisa menggunakan baterai ponsel Anda ke ponsel lain, lalu bandingkan hasilnya.

  • Ponsel beraktivitas sendiri padahal tidak sedang digunakan

Apakah ponsel anda sering bersuara atau layar yang menyala sendiri? Atau sering restart tiba-tiba? Jika demikian bisa jadi ada seseorang yang memiliki akses ke ponsel Anda.

  • Menerima teks aneh

Ponsel yang disadap akan menerima teks aneh bisa berupa symbol, nomor dan karakter. Beberapa kasus, pesan teks tersebut dapat dilihat jika perangkat lunak tidak bekerja dengan bebnar. Namun apabila terjadi terus menerus, sangat tidak wajar.

  • Shutdown berlangsung lama

Sebelum ponsel mati biasanya ponsel harus menyelesaikan tugas yang sedang diproses. Bila ponsel mengirimkan data ke seseorang tanpa Anda ketahui, ponsel harus menyelesaikan proses tersebut sebelum di shutdown.

Selain ciri-ciri tersebut, ada beberapa ciri lainnya seperti: suhu baterai meningkat walau tidak sedang digunakan, penggunan data meningkat. Jika hal tersebut terjadi, untuk mencegah dan menghindari penyadapan lakukan tes dan beritahu kepada orang ahli dan terpercaya.

Demikian berita terbaru mengenai ciri-ciri sebuah ponsel sedang disadap. Namun, perlu digaris bawahi bahwa ini hanya sebagai tanda potensial. Semoga artikel ini bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *