Berita Terbaru Teknologi, Cara Mengatasi Layar Sentuh Ponsel Bermasalah

Berita terbaru dari dunia teknologi sekarang adalah maraknya ponsel yang menggunakan layar sentuh (touchscreen). Dengan layar sentuh Anda tidak lagi menggunakan keyboard fisik. Teknologi layar sentuh membuat aktivitas di depan layar menjadi lebih menyenangkan. Namun, karena layar sentuh sensitif menjadi rawan rusak atau terkena masalah.

Beraktivitas di depan layar, sekarang tidak hanya sekedar melakukan kegiatan komunikasi saja. Namun, penggunaan ponsel lebih dari itu, seperti: menjadi sarana untuk menyelesaikan pekerjaan, mencari berbagai informasi, bermain game, mendengarkan musik hingga nonton film.

Karena sering digunakan, masalah yang kerap muncul adalah layar sentuh ponsel menjadi kurang responsif atau macet. Jika mengalami masalah tersebut, jangan terlalu khawatir atau langsung membeli layar sentuh baru. Karena , ada beberapa cara yang bisa Anda coba sendiri untuk mengatasi masalah tersebut.

Ada banyak berita terbaru yang memberikan solusi atau cara menangani masalah tersebut. Dalam artikel ini, kami merangkum bagaimana cara mengatasi masalah tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut.

Bebaskan RAM Ponsel

Salah satu penyebab layar sentuh macet adalah RAM yang terlalu banyak dibebani. Itulah mengapa untuk mengatasi masalah tersebut haru membebaskan RAM. Caranya: pilih dan hapus aplikasi yang tidak penting. Untuk mengontrol, sebaiknya gunakan aplikasi task manager. Aplikasi tersebut berfungsi mematikan aplikasi yang sedang berjalan.

Baca Juga : Artikel Mengenai Perkembangan Teknologi Terkini

Restart Ponsel

Melakukan restart dipercaya dapat mengatasi masalah layar sentuh yang macet. Bahkan tidak hanya untuk ponsel, beberapa perangkat lain seperti komputer, laptop yang loadingnya lambat mengatasinya dengan jurus ini.

Gunakan Kalibrasi

Mengganti kalibrasi tujuannya untuk menyesuaikan layar dengan sentuhan yang disediakan oleh developer. Setiap sistem pengoperasian memiliki cara dan langkah sendiri dalam melakukan kalibrasi. Jika ponsel milik Anda adalah ponsel jenis android bisa menemukan fitur kalibrasi di pengaturan.

Ganti Launcher

Ada beberapa jenis launcer yang bisa Anda pilih, misalnya: GO Launcher, Apex Launcher dan aplikasi launcher lainnya .

Bersihkan Layar

Cara mengatasi layar yang kurang responsive terhadap sentuhan, caranya bisa dengan membersihkan layar ponsel. Sebelum dibersihkan pastikan ponsel dalam kondisi mati, lalu bersihkan menggunakan cairan khusus pembersih layar ponsel.

Lepaskan Kartu Memori, Kartu SIM dan Baterai

Matikan gadget lalu keluarkan semuanya (kartu memori, kartu SIM dan baterai), diamkan beberapa detik sampai kapasitor di motherbooth dalam ponsel tidak mendapatkan energi sama sekali.

Lakukan Factory Riset

Cara ini tidak direkomendasikan dan sebaiknya dijadikan alternatif terakhir. Cara ini akan menghilangkan semua data yang terdapat pada ponsel, sehingga semua data yang ada di ponsel kosong seperti dalam kondisi baru beli

Itulah berita terbaru cara mengatasi layar sentuh (touchscreen) tidak rensponsif atau macet. Semoga artikel ini berrmanfaat dan dapat menambah informasi, khususnya info mengenai perkembangan terknologi terkini. Selamat mencoba!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *