Cara Kerja, Kelebihan Dan Kekurangan Baterai Wirelles

Baterai wireless merupakan fitur yang masih dibilang baru untuk smartphone terbaru yaitu, untuk Google Nexus 4, Samsung Galaxy S4, Lumia 920 Nokia. Menggunakan baterai jenis ini sangat praktis karena tidak membutuhkan kabel. Cocok digunakan untuk berpergian. Selain itu teknologi ini memberikan kenyaman saat mencharger smartphone di atas meja atau dikendaraan. Karena meja tetap terlihat rapi dan nyaman.

Cara Kerja

Cara kerja baterai ini cukup menarik, Anda bisa mengisi daya baterai smartphone tanpa harus mencolokkan kabel. Hanya dengan menempatkan smartphone pada charger nirkable. Saat smartphone ditempatkan, pengisian daya dimulai. Tentu saja pengisian akan terjadi jika wireless charger sudah dicolokkan ke dinding.

Istilah wireless carger lebih tepatnya adalah pengisian induksi karena menggunakan metode magnetic untuk mengirim energi. Arus energi yang berasal dari stop kontak bergerak melalui kawat dalam kabel nirkabel kemudian menciptakan medan pada magnet. Medan magnet tersebut kemudian menciptakan arus listrik pada kumparan did alam perangkat elektonik.

Kumparan tersebut kemudian terhubung ke baterai dan arus listrik pengisian baterai. Agar proses pengisian daya dapat berjalan dibutuhkan hardware yang mendukung pengisian nirkabel. Apabila perangkat yang digunakan tidak tepat maka baterai tidak dapat diisi dengan baik.

Tips Membeli Baterai Wirelles

Sekarang penggunaan baterai wireless sudah umum, terutama untuk smartphone. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko elektronik ataupun toko online. Namun pastikan smartphone yang Anda gunakan sudah mendukung teknologi wireless charger. Selain itu hati-hati dan teliti saat membeli wireless charger, pastikan perangkat bisa berfungsi di smartphone.

Beberapa jenis Smartphone yang sudah mendukung wireless charger diantaranyaa adalah sebagai berikut:

Baca juga: Berbagai Pilihan Portable Audio Player

  • Google Nexus 4
  • Samsung Galaxy S4
  • HTC Droid DNA
  • Nokia lumia 820 dan 920
  • iPhone Apple 5

Semua merk dan jenis smartphone di atas menggunakan standar QI, kecuali pada iPhone 5 yang dibuat khusus oleh powermat dengan menggunakan standar powermat itu sendiri. Sedangkan untuk Samsung Galaxy S4 disediakan pengganti tutup bagian belakang dengan dukungan untuk mengisi nirkable. Sedangkan untuk Nokia Lumia 920 dan Nexys 4, hanya perlu membeli pengisian yang kompatibel.

Demikian informasi seputar baterai wireless. Jenis charger baterai ini cocok digunakan untuk Anda yang sering berpergian ke luar rumah. karena dengan perangkat ini lebih memudahkan Anda mengisi baterai walaupun tidak memiliki aksek ke kontak listrik. Kelebihan lainnya adalah bentuknya yang kecil dengan desain yang menarik, mudah di bawa kemanapun. Kemampuannya bisa mengisi baterai ponsel beberapa kali isi. semoga artikel ini bermanfaat khususnya bagi Anda yang sedang mencari baterai tanpa baterai untuk smartphone.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *