Cara Membuka Jalan untuk Ekonomi Digital yang Berkembang di Indonesia

Cara Membuka Jalan untuk Ekonomi Digital yang Berkembang di Indonesia

Di seberang ekonomi digital di Indonesia, raksasa TI dan perusahaan kecil memiliki keluhan yang sama yaitu talenta digital sulit ditemukan. Mengatakan perusahaan baru-baru ini hanya mengontrak lima orang untuk program magang, dari ratusan pemohon. Tetapi mereka yang melamar pekerjaan juga berjuang, dengan banyak menyadari kesulitan dalam memenuhi kebutuhan perusahaan mereka.

 Cara Membuka Jalan untuk Ekonomi Digital yang Berkembang di Indonesia

Indonesia perlu menutup kesenjangan ini, keterampilan TIK menunjukkan bahwa sementara Indonesia telah membuat kemajuan pada Indeks Pengembangan TIK, keterampilan harus ditingkatkan melalui kinerja pendidikan secara keseluruhan serta program percepatan keterampilan TIK. Kesenjangan yang penting tetapi sering diabaikan yaitu keterampilan komplementer seperti keterampilan lunak kepemimpinan dan komunikasi, dan keakraban dengan pemasaran bisnis. Jadi, bagaimana cara kita mengasah bakat digital yang tepat? Strategi, kata sektor swasta, harus mencakup pelatihan tambahan dan magang, kolaborasi dengan komunitas lokal, dan memanfaatkan keahlian para profesional internasional. 

Meskipun upaya ini menggembirakan, lebih banyak opsi tersedia untuk mempercepat pengembangan ekonomi digital, yaitu:

  1. Pertama, peraturan dan program pemerintah dapat diselaraskan lebih baik dengan roadmap yang diusulkan untuk pengembangan keterampilan digital. Kemitraan publik-swasta dapat mendukung agenda ini, sehingga mereka harus diperkuat.
  2. Kedua, pertimbangkan solusi inovatif. Ada banyak contoh yang dapat Anda jumpai dari pusat digital dan E-commerce Indonesia yang didirikan untuk membantu mewujudkan visi untuk Digital Indonesia dan kemitraan antara industri teknologi dan komunitas pendidikan untuk melek digital, dan kemitraan serupa antara banyak industri yang mendukung Strategi digital komprehensif yang penuh dengan program menjanjikan. Lebih terfokus pada program pengembangan keterampilan digital.
  3. Ketiga, tanyakan pada pelanggan. Permintaan mendorong pendekatan sektor swasta terhadap pengembangan keterampilan. Inovasi inkubator Intel dan inisiatif pembuat minuman berbasis komunitas dan memberikan opsi bagi lembaga nasional dan pemerintah lokal. Dengan para profesional dan pendidik internasional maka akan memperkuat pengajaran dan pembelajaran ilmu komputer, dan menyarankan juga untuk memberikan insentif kepada para profesional ICT

 Untuk berkolaborasi dapat dilakukan dengan prakarsa lokal seperti peningkat kapasitas untuk melatih generasi muda sebagai insinyur pemrograman. Perusahaan transportasi berbasis online juga merekrut para profesional internasional untuk mengajar di salah satu pusat penelitian mereka di luar Indonesia. Pendidikan kejuruan juga mendapat perhatian lebih. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedang mengembangkan peta jalan tentang pengembangan sekolah menengah kejuruan bagi pemerintah lokal untuk mengejar. 

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sedang bekerja untuk melaksanakan Pendidikan Tinggi 4.0, di mana pembelajaran terjadi dalam masyarakat jaringan dan memanfaatkan teknologi ekonomi digital. Program peningkatan keterampilan untuk tenaga kerja, yang berfokus pada TI, infrastruktur, kesehatan, dan industri ritel digital, sedang diluncurkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan. Kementerian Komunikasi dan TIK juga telah mengembangkan peta kerja TIK untuk memandu pengembangan keterampilan TIK dan proses sertifikasi.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *