Cara Memilih Tripod Kamera yang Efisien Ketika Digunakan

Cara Memilih Tripod Kamera yang Efisien Ketika Digunakan

Kamera digital sekarang ini menjadi trend seiring dengan banyaknya pengguna kamera untuk kebutuhan hobi fotografi. Selain hobi, kamera digital seperti DSLR dan SLR juga dijadikan senjata ampuh untuk membuat sebuah karya seni fotografi. Hasil jepretan yang memiliki nilai seni bisa dijadikan sebuah iklan komersil. Namun untuk menghasilkan sebuah karya seni dibutuhkan bukan hanya sebuah kamera canggih namun juga keahlian penggunanya dan beberapa aksesoris tambahan salah satunya tripod kamera.

Cara Memilih Tripod Kamera yang Efisien Ketika Digunakan 

Tripod merupakan kaki tambahan untuk menopang kamera dengan berbagai tujuan misalnya:

  • Menahan berat kamera.
  • Agar kamera lebih stabil dibandingkan jika dipegang menggunakan tangan.
  • Memotret di area yang sulit dijangkau sehingga perlu tripod dan remote.
  • Memotret selfie atau wefie.

Seperti namanya, tripod ini memiliki 3 buah kaki yang bisa diatur panjang pendeknya. Kaki tersebut nantinya yang akan menopang tripod dan bersentuhan langsung dengan tanah atau lantai. Selain kaki, ada juga head yang fungsinya untuk mencengkeram kamera agar tidak mudah lepas dan kuat menancap pada tripod. Head tripods memiliki beberapa jenis yang disesuaikan dengan cara dia memegangi kamera.

Semakin banyaknya kebutuhan akan kamera dan orang yang memiliki hobi fotografi, maka kebutuhan akan tripod juga semakin banyak. Untuk menjawab kebutuhan pasar, produsen kamera juga telah mengeluarkan produk tripod kamera originalnya yang disesuaikan dengan tipe kamera masing-masing. Meski begitu selain merk kamera juga ada produsen tripod yang ikut meramaikan pasar tripod meski tidak memproduksi kamera. Bagi Anda yang ingin membeli tripod sebagai aksesoris kamera, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk memilih tripod mana yang sebaiknya dibeli agar pemakaiannya lebih efisien.

  • Berat tripod.

Berat tripod akan sangat mempengaruhi kenyamanan Anda ketika membawanya. Kamera digital seperti DSLR sendiri sudah berat belum lagi ditambah dengan lensa tambahan yang perlu dibawa. Membawa tripod yang berat juga akan menambah beban perlengkapan. Akan tetapi tripod yang berat umumnya terbuat dari bahan kuat yang lebih awet digunakan.

  • Seri tripod.

Jika Anda membeli sebuah kamera dan kamera tersebut memiliki seri tripod sendiri yang sudah dibuat sebagai pasangannya, sebaiknya Anda membeli tripod tersebut agar bisa langsung digunakan dan sesuai untuk keamanan kamera Anda.

Harga tripod kamera sendiri sangat bervariasi tergantung dari beberapa faktor misalnya bahan yang digunakan untuk membuat tripod, merk tripod serta jenis atau bentuk tripod. Semakin banyak fitur yang diberikan mana harganya pun semakin mahal. Ada baiknya ketika Anda akan membeli sebuah tripod untuk kamera tertentu, Anda membawa serta kamera yang akan digunakan agar bisa dicoba untuk dipasang di head tripod. Jika head bisa menguncinya dengan sempurna maka seri tripod tersebut layak untuk diperhitungkan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *