Home Elektronik Cara Memperbaiki Wifi Laptop Untuk Windows

Cara Memperbaiki Wifi Laptop Untuk Windows

by Jenny Harvey

Doovi

 

Internet sudah menjadi bagian yang amat penting dari hidup kita. Itulah alasan mengapa setiap ponsel dan laptop memiliki fitur wifi alias wireless fidelity. Fitur wifi dapat memudahkan kita untuk terhubung dengan perangkat penyedia Internet seperti modem. Nah, bagaimana bila laptop tidak bisa connect wifi? Tentunya ini akan sangat mengganggu pekerjaan dan urusanmu. Apalagi, tidak seperti ponsel atau tablet, kamu tidak bisa menggunakan kartu selular untuk dapat menyambungkan laptopmu ke Internet.

 

Nah, bila laptop Windows-mu mengalami hal ini, jangan panik dulu. Kamu bisa mencoba beberapa cara mengatasi laptop tidak bisa connect wifi yang ada di bawah ini:

 

Menghapus cache wifi

Cara memperbaiki wifi laptop yang pertama adalah dengan menghapus cache wifi. Seringkali, wifi laptop tidak dapat berfungsi dengan baik karena adanya cache alias sesampahan dalam sistem wifi. Nah, inilah langkah-langkah untuk menghapus cache wifi di laptop Windows

  • Buka Start Program, kemudian klik Control Panel
  • Pilih Network and Internet
  • Klik Network and Sharing Center, kemudian pilih menu Manage Wireless Network
  • Hapus cache wifi yang kamu temukan di sana

 

Bagaimana apabila wifi laptopmu tetap tidak bisa digunakan? Bukan sekadar masalah cache yang membuat kinerja wifi-mu menjadi terganggu, mungkin ada masalah dengan driver pada perangkat keras wifi-mu. Nah, coba cara selanjutnya untuk memperbaiki hal tersebut.

 

Memasang ulang driver pada perangkat keras wifi

Melakukan langkah ini sebetulnya hampir sama mudahnya dengan menghapus cache pada wifi. Nah, ini dia langkah-langkahnya:

 

  • Klik kanan menu My Computer, kemudian, pilih Device Manager
  • Pada menu Network Adapters, klik kanan pada pilihan Hardware wifi. Setelah itu, uninstall hardware tersebut.
  • Klik kanan, kemudian klik pilihan scan for hardware changes. Langkah ini penting supaya laptopmu dapat mendeteksi driver yang baru kemudian memasangnya ulang.
  • Setelah pemasangan ulang selesai, tutup semua menu, dan refresh laptopmu.
  • Hubungkan kembali wifimu. Kini kamu sudah dapat menggunakan wifi di laptopmu

 

Baca Juga:  Harga TV LCD Yang Ada di Indonesia, Berikut Kisarannya

Nah, apa saja hal yang harus kamu lakukan untuk menjaga agar wifi pada laptop Windows senantiasa berjalan dengan baik? Ini dia

1.Tidak sembarangan memasang aplikasi-aplikasi yang keamanannya tidak diketahui. Virus-virus dari aplikasi tak tepercaya dapat membuat wifi dan hal lain di laptopmu menjadi bermasalah.

2.Selalu bersihkan sesampahan usai menggunakan wifi. Apalagi, setelah kamu menggunakan sumber wifi dari luar. Jangan tunda hingga wifimu menjadi lambat bahkan tak bisa digunakan. Membersihkan cache tidak memakan waktu yang lama, kok.

3.Pasang anti-virus di laptopmu, apalagi bila kamu sering menggunakan sumber wifi di luar. Hal ini penting untuk mencegah virus dari sumber-sumber tak dikenal

4.Atur file dengan baik dan bersihkan file-file yang tak dipakai. Terlalu banyak file dapat membuat kinerja laptop menjadi lambat dan berpengaruh pada fungsi fitur-fitur di dalamnya.

 

Jadi, jangan terlalu panik apabila laptop Windowsmu tidak bisa terkoneksi ke wifi secara tiba-tiba. Bisa saja masalahnya ada pada sesampahan atau pada driver seperti yang sudah dibahas di atas. Dalam waktu yang singkat, kamu bisa memperbaikinya dan kinerja laptop pun akan kembali seperti semula.

 

Namun, apabila kedua hal di atas tidak bisa digunakan untuk memperbaiki laptop, kamu harus segera membawa laptopmu ke service center terdekat, kalau perlu yang resmi. Pasalnya, hal tersebut menandakan bahwa ada kerusakan parah pada laptopmu dan perlu dilakukan service besar.

 

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More