Cara Mengubah Charger Manual Menjadi Pengisi Daya Baterai Wireless

Baterai menjadi salah satu komponen yang penting untuk perangkat elektronik portable seperti ponsel. Agar alat elektronik portable bisa digunakan maka baterai harus diisi dengan daya dan untuk mengisinya maka dibutuhkan charger. Saat ini sudah banyak charger baterai wireless yang bisa Anda temukan dan gunakan. charger wireless sendiri memungkinkan Anda untuk bisa mengisi daya pada smartphone tanpa harus mencolokkan nya ke kabel. Jadi ponsel tersebut hanya perlu diletakkan di atas charger yang sudah disambungkan ke sumber listrik dan kemudian baterai bisa terisi.

Charger wireless atau tanpa kabel sendiri bekerja dengan sistem induksi elektromagnetik untuk bisa memindahkan energi dari unit charger ke unit charger ponsel. Dalam unit charger tersebut terdapat induktor yang memiliki fungsi untuk merubah energi listrik menjadi energi elektromagnetik dan nantinya energi tersebut ditangkap induktor lain di ponsel untuk bisa diubah kembali menjadi energi listrik dengan regulasi dan pengaturan voltage sebelum energi tersebut masuk ke baterai.

Kelebihan dari charger baterai wirelessdiantaranya adalah:

  • Terhindar dari kerusakan konektor USB.
  • Mudah untuk digunakan.
  • Praktis dan dapat menghentikan charging sendiri jika baterai ponsel sudah penuh atau saat ponsel tersebut diangkat atau dijauhkan dari charger telepon.
  • Cocok digunakan untuk semua jenis ponsel.

 Baca Juga: Alasan Kenapa Baterai Wireless Semakin Menjamur

Namun, charger tanpa kabel tersebut memiliki kekurangan, diantaranya adalah pengisian yang ternyata lebih lama dibandingkan dengan pengisian baterai dengan menggunakan kabel karena sebagian energi dirubah menjadi panas. Akan tetapi lama cepatnya pengisian baterai tersebut ditentukan juga oleh fitur yang ada di charger wireless tersebut. Selain itu, dibandingkan dengan harga charger biasa yang menggunakan kabel data, harga charger wireless ini lebih mahal disebabkan teknologi yang diterapkan di sistem charger tersebut.

Ada cara sederhana yang bisa merubah charger baterai biasa menjadi charger baterai wireless namun cara ini hanya bisa untuk smartphone. Caranya adalah

  • Siapkan alat pengubah mode charger yang berupa selembar plastik tipis yang isinya kumparan yang nantinya dipasang di belakang baterai ponsel.
  • Siapkan ponsel pintar Anda.
  • Buka casing atau bagian penutup baterai smartphone yang Anda miliki.
  • Lepas stiker atau selotip perekat dari alat pengubah mode charger tersebut.
  • Perhatikan terlebih dahulu pin yang menonjol dan keluar di alat tersebut karena pin tersebutlah yang akan menjadi penghubung baterai dengan koneksi charger wifi ponsel Anda.
  • Pasang pin di konektor baterai lalu tempelkan alat di belakang baterai. Hal yang harus diperhatikan adalah jangan sampai alat tersebut goyang atau lepas.
  • Tutup casing ponsel dan cek layar. Apabila ada tulisan wireless charging di bagian layar maka Anda berhasil memasangnya.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *