Cara Screenshot di Laptop/PC Windows dan Mac tanpa Tambahan Aplikasi

cara screenshot di laptop mac

Kamu ingin menangkap tampilan layer alias screenshot? Kalau di smartphone, cara yang paling umum digunakan adalah dengan menekan tombol volume bawah (down) dan power secara bersamaan. Nah, cara screenshot di Laptop/PC juga bisa menggunakan trik cepat bawaan dari OS (operating system) yang kita gunakan, tanpa menginstall aplikasi tambahan. Artikel ini akan membahas cara cepat screenshot di Laptop/PC dengan OS Windows (versi berapa saja) dan MacOS hanya dengan keyboard.

Screenshot cepat di Windows

1. Menggunakan tombol Print Screen (PrtScr)

Cara ini adalah cara yang paling umum digunakan oleh pengguna Windows karena cukup menggunakan keyboard saja. Namun, setelah mengambil screenshot, kita perlu membuka aplikasi lain seperti Paint atau Ms Word untuk menyimpan hasil screenshot kita.

biznessystem

PrtScr adalah singkatan dari print screen. Jadi tombol ini memang dikhususkan untuk mengambil tangkapan layar (atau screenshot) dari tampilan layar kita seluruhnya. Hasil screenshot tersebut kemudian tersimpan di clipboard, dan untuk menyimpan di drive laptop/PC, kita perlu membuka aplikasi lain terlebih dahulu. Aplikasi yang paling sering digunakan adalah Paint, aplikasi photo editing bawaan Windows. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Tekan tombol prtscr untuk mengambil screenshot layar yang kita inginkan
  • buka aplikasi Paint
  • tekan ctl+V alias paste untuk menaruh hasil screenshot ke canvas Paint
  • save as file paint tersebut sebagai sebuah gambar

Apabila hasil screenshot tersebut perlu kamu masukkan ke dokumen atau file presentasi, kamu bisa membuka aplikasi Ms word atau Ms PPT untuk kemudian menaruh hasil screenshot langsung di sana.

Pada dasarnya, screenshot yang diambil setelah menekan tombol prtscr hanya tersimpan di clipboard saja. Jadi, kalau setelah menekan tombol prtscr kamu malah meng-copy hal lain (entah itu tulisan, gambar, dll), maka hasil screenshotnya akan tertimpa dengan copy file lain. Jadi usahakan setelah mengambil screenshot, “selamatkan” dulu hasilnya dengan menempelkan (paste) di aplikasi lain seperti yang dijelaskan di atas.

2. Menggunakan tombol Windows+Prtscr

Kalau cara sebelumnya kamu harus membuka aplikasi lain (e.g. paint, ms word) untuk menyimpan hasil screenshot, cara ini lebih mudah dan praktis. Kamu cukup menekan tombol windows+prtscr dan hasil screenshot akan tersimpan secara otomatis di folder Screenshot dalam Picture library. Jadi kamu tidak perlu repot-repot membuka aplikasi lain. Tetapi, cara ini hanya berlaku untuk windows 8 dan windows 10 saja.

Screenshot di MacOS

1. Menggunakan tombol command+shift+3

Kombinasi tombol ini cara kerjanya mirip dengan tombol prtscr di Windows. Dia mengambil screenshot seluruh layar PC/laptop. Bedanya, hasil screenshot sudah tersimpan secara otomatis di folder Desktop dengan format PNG. Jadi, kita tidak perlu repot-repot paste hasil gambarnya ke aplikasi lain.

2. Menggunakan tombol command+shift+4

Terkadang, kita hanya ingin screenshot bagian tertentu saja dari layar. Biasanya, kita mengakali dengan me-crop hasil screenshot seluruh tangkapan layar. Nah, ternyata Mac memudahkan usernya untuk mengambil screenshot sesuai kebutuhan tanpa mengedit lagi. Caranya adalah menekan tombol command+shift+4, kemudian pilih area yang ingin kamu screenshot, dan Ckrek! Screenshot sudah tersimpan di folder Desktop.

3. Menggunakan tombol (Command+shift+4)+Space

Selain memudahkan kita untuk mengambil screenshot sebagian layar,  MacOS juga memudahkan penggunanya untuk mengambil screenshot untuk jendela (window) tertentu saja.

takeascreenshotguide

Misalnya, kamu mau mengambil screenshot untuk jendela Safari saja, maka kamu cukup menekan tombol command+shift+4 dan kemudian tekan tombol space. Maka akan muncul gambar kamera kecil yang menempel di kursor. Kamu tinggal pilih jendela safari, dan voila! Hasil screenshot untuk jendela safari sudah tersimpan di folder Desktop.

Begitulah cara screenshot di laptop/PC tanpa menginstall aplikasi lain. Akan tetapi, ada sebagian pengguna yang lebih cenderung menggunakan aplikasi tambahan karena lebih bisa di-custom. Kalau mau tahu aplikasi tambahan yang bisa digunakan untuk screenshot di PC/laptop, silahkan cek di https://review.bukalapak.com/techno/cara-screenshot-game-di-pc-12423.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *