Dampak Teknologi Internet Bagi Kehidupan

Dampak Teknologi Internet Bagi Kehidupan

Perkembangan teknologi komunikasi yang semakin cepat membuat pola kehidupan masyarakat pun berubah. Banyak pekerjaan yang dengan mudah dapat digantikan oleh mesin-mesin otomatis yang disebut dengan era digital. Era digital ini semakin mulus perjalanannya dengan dilengkapi teknologi internet yang bisa membuat semuanya jadi lebih praktis.

Dampak Teknologi Internet Bagi Kehidupan

Dengan adanya teknologi internet, membuat semua informasi yang ada di seluruh dunia dapat tersebar dengan mudah. Internet membuat dunia menjadi terasa semakin sempit karena dengan mudahnya berbagai macam hal terakses. Orang bisa saling berhubungan secara langsung meskipun pada jarak jauh, berita bisa langsung diakses secepat kilat.

Perkembangan teknologi memang banyak membawa dampak yang beragam untuk kehidupan. Baik yang positif, bahkan juga bisa mengundang hal-hal yang negatif. Seperti yang diketahui, dengan teknologi internet ini, semua orang mudah mengakses apapun, tapi di sisi lain, sebab kemudahan pengaksesan itu, membuat sebagian orang yang tidak bertanggung jawab dapat menyalahgunakan kemudahan tersebut.

Untuk itu, berikut beberapa dampak yang bisa ditimbulkan dari perkembangan teknologi internet bagi kehidupan masyarakat.

Dampak Positif

Dengan kemudahan yang dihadirkan oleh penggunaan internet, masyarakat bisa jadi lebih berkembang pengetahuannya. Biasanya, orang harus mempunyai biaya yang lumayan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan lebih, seperti dengan membeli buku, atau menyewa tenaga ahli untuk mengajarkan. Dengan adanya internet, Anda bisa lebih cerdas dan berpengetahuan luas karena Anda bisa mengakses dan belajar segala macam ilmu pengetahuan tanpa batas.

Jika Anda bisa menggunakan layanan internet secara bijak, masyarakat pun bisa jadi lebih kooperatif dan aktif dalam menanggapi segala persoalan yang ada di lingkungannya. Bahkan hingga persoalan besar yang menyangkut seluruh dunia. Anda juga bisa lebih kreatif jika Anda bisa memanfaatkan peluang yang disediakan. Misalnya, Anda bisa menyediakan jasa atau melakukan bisnis melalui internet atau secara online.

Dengan adanya internet pun, dapat membuat masyarakat mempunyai jaringan dan relasi yang lebih luas. Anda bisa menggunakan forum, media sosial dan lain sebagainya untuk saling bertukar informasi dan sharing segala hal meskipun dengan orang-orang yang sangat jauh.

Dampak Negatif

Kemudahan yang disajikan karena teknologi internet ini pun membawa dampak yang tidak baik pula. Bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab, kemudahan ini bisa disalahgunakan. Misalnya dengan membuka situs-situs yang tidak semestinya diakses, bahkan juga ada yang melakukan penipuan karena hadirnya internet.

Hadirnya internet dengan segala kemudahan dan membuat semuanya lebih praktis pun bisa membuat seseorang jadi malas. Hal tersebut dikarenakan, orang itu terbiasa dengan segala kemudahan yang akhirnya membuat sebagian orang terlena. Selain menjadi malas, tak jarang juga sebagian orang akan membuat waktu yang dimilikinya jadi lebih tidak berguna dan bermanfaat. Dengan adanya internet, kadang orang-orang malah sibuk bersosial media dibanding mendengar lawan bicara di depannya. Sebagian orang juga malah mengisi waktunya dengan bermain game online, dibanding membaca buku atau mengakses hal-hal yang bisa berguna untuk kebaikannya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *