Definisi Dan Jenis-Jenis Teknologi Robot

Ada banyak definisi robot yang dikemukakan oleh para ilmuwan. Sedangkan menurut orang awan robot diartiken sebagai alat yang dibuat menyerupai manusia, namun dari segi struktur tubuhnya terbuat dari logam. Dalam artikel ini kita akan membahas seputar teknologi robot mulai dari definisinya hingga jenis-jenisnya.

Definisi Robot

Beberapa para ahli dan ilmuwan robotika membuat definisi mengenai robot, diantaranya adalah:

  • Menurut Robot Institute of Amerika, robot adalah manipulato yang deprogram ulang untuk memindahkan tool, material dan peralatan tertentu dengan berbgai pergerakan untuk berbagi tugas, mengendalikan dan mensinkronkan peralatan dengan pekerjaannya.
  • Menurut Official Japanese, robot adalah sistem mekanik yang memiliki fungsi gerak analog untuk fungsi gerak organism hidup atau kombinasi dari berbagai fungsi gerak dengan fungsi dari intelligent.

Jenis-Jenis Robot

Teknologi robot secara umum dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok, yaitu:

  • Robot Mobile

Robot ini memiliki ciri-ciri yang memiliki actuator berupa roda untuk menggerakkan keseluruhan body robot sehingga dapat melakukan gerakan berpindah posisi dari satu titik ke titik yang lain.

  • Robot Jaringan

Robot ini menggunakan control dari jarinagn internet dengan protocol TCP/ IP. Munculnya robot ini dipicu oleh majunya jaringan internet yang sedang berkembang pesat. Robot manipulator atau robot tangan merupakan salah satu jenis robot jaringan yang berhasil dikembangkan oleh LIPI Wireless robot yang dikembangkan oleh grup adari Fisika Teoritik dan Komputasi. Ciri khasnya adalah hanya memiliki satu buah tangan seperti tangan manusia. Fungsi tangan robot tersebut untuk memegang atau memindahkan barang.

  • Robot Humanoid

Robot ini secara penampilan keseluruhannya diambil berdasarkan bentuk tubuh manusia. Robot ini mampu berinteraksi dengan peralatan dan lingkungan. Secara tampilan robot ini memiliki kepala, dua buah tangan dan buah kaki. Namun ada beberapa jenis robot yang hanya mengambil tubuh manusia, misalnya dari bagian pinggang ke atas.

  • Robot Berkaki

Robot ini mirip seperti hewan atau manusia, bisa melangkah. Ada yang miripnya seperti kepiting, serangga dsb.

  • Robot Terbang

Seperti namanya, robot terbang memiliki kemampuan terbang seperti pesawat yang deprogram khusus untuk memonitor dari ketinggian.

  • Robot Dalam Air

Robot underwater atau dalam air merupakan robot yang fungsinya untuk memonitor kondisi di bawah laut atau ada juga yang bertugas untuk mengambil sesuatu di bawah air laut.

Jenis Robot Berdasarkan Klarifikasinya

Sedangkan dari kategori atau klarifikasinya, robot dapat dibedakan menjadi 4 jenis yaitu:

  • Non-Mobile Robot
  • Mobile Robot
  • Gabungan Mobile Non-Mobile dengan Robot Mobile
  • Robot Humanoid

Itulah penjelasan singkat seputar pengertian dan jenis-jenis tekhnologi robot. Sekarang sudah banyak robot yang diciptakan oleh para ilmuwan yang super canggih. Tujuan diciptakannya robot bermacam-macam, ada yang dibuat untuk membantu kehidupan manusia, hiburan dsb.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *