Dibalik Ilmu Pengetahuan Dalam Pembuatan Robotteknologi

Robotika adalah cabang interdisipliner dari teknik dan ilmu pengetahuan yang meliputi teknik mesin, teknik elektro, ilmu komputer dan lain-lain. Robotika berkaitan dengan desain, konstruksi, operasi, dan penggunaan robot,  serta sistem komputer untuk kontrol mereka, umpan balik sensoris, dan pengolahan informasi. Teknologi ini digunakan untuk mengembangkan mesin yang dapat menggantikan manusia yakni membuat robotteknologi canggih.

Robotteknologi canggih dapat digunakan dalam situasi apapun dan untuk tujuan apa pun, tapi saat ini banyak digunakan di lingkungan yang berbahaya (termasuk deteksi bom dan de-aktivasi), proses manufaktur, atau di mana manusia tidak bisa bertahan hidup. Robot dapat mengambil bentuk apapun namun ada juga yang dibuat menyerupai manusia dalam penampilan. Ini dikatakan untuk membantu dalam penerimaan robot dalam perilaku replikatif tertentu biasanya dilakukan oleh orang-orang. robot tersebut mencoba untuk meniru berjalan, mengangkat, pidato, kognisi, dan pada dasarnya apa pun manusia bisa melakukan. Banyak robot saat ini terinspirasi oleh alam, kontribusi untuk bidang robotika

Konsep menciptakan mesin yang dapat beroperasi secara mandiri tanggal kembali ke zaman klasik, tetapi penelitian fungsi dan potensi penggunaan robot tidak tumbuh secara substansial sampai abad ke-20. Sepanjang sejarah, telah sering diasumsikan bahwa robotteknologi canggih suatu hari akan mampu meniru perilaku manusia dan mengelola tugas-tugas dalam mode mirip manusia. Hari ini, robotika adalah bidang yang berkembang pesat, seperti kemajuan teknologi terus; meneliti, merancang, dan membangun robot baru melayani berbagai tujuan praktis, baik di dalam negeri, komersial, atau militer. Banyak robot yang dibangun untuk melakukan pekerjaan yang berbahaya bagi orang-orang seperti menjinakkan bom, menemukan korban selamat di reruntuhan tidak stabil, dan mengeksplorasi tambang dan bangkai kapal. Robotika juga digunakan dalam STEM (Science, Technology, Engineering, dan Matematika) sebagai alat bantu mengajar.

Ada banyak jenis robot yang digunakan dalam berbagai lingkungan yang berbeda dan untuk banyak kegunaan yang berbeda, meskipun menjadi sangat beragam dalam aplikasi dan membentuk mereka semua berbagi tiga kesamaan dasar ketika datang ke konstruksi mereka: Semua robot mengandung beberapa tingkat kode pemrograman komputer. Sebuah program adalah bagaimana robot memutuskan kapan atau bagaimana melakukan sesuatu. Program adalah esensi inti dari robot, bisa memiliki konstruksi mekanik dan listrik yang baik, tetapi jika program buruk dibangun kinerjanya akan sangat miskin (atau mungkin tidak tampil sama sekali). Ada tiga jenis program robot: remote control, kecerdasan buatan dan hibrida. Sebuah robot dengan programing remote control memiliki seperangkat sudah ada perintah bahwa ia hanya akan melakukan jika dan ketika menerima sinyal dari sumber kontrol, biasanya manusia dengan remote control. Hal ini mungkin lebih tepat untuk melihat perangkat dikendalikan terutama oleh perintah manusia sebagai jatuh dalam disiplin otomatisasi daripada robotika. Robot yang menggunakan kecerdasan buatan berinteraksi dengan lingkungan mereka sendiri tanpa sumber kontrol, dan dapat menentukan reaksi ke obyek dan masalah yang mereka dapati saat menggunakan pemrograman yang sudah ada sebelumnya mereka. Hybrid adalah bentuk pemrograman yang menggabungkan kedua AI dan RC fungsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *