Energi Masa Depan Dari Tenaga Surya

Energi Masa Depan Dari Tenaga Surya

Sumber energi merupakan salah satu kebutuhan pokok yang dapat menunjang kehidupan manusia. Akan tetapi belakangan ini berbagai sumber energi cadangan sudah mulai menipis dan tentunya akan habis karena keterbatasan serta tidak dapat diperbaharui. Dengan kondisi yang demikian, manusia dituntut untuk mencari dan memanfaatkan sumber energi lain yang terbaharukan dengan memaksimalkan kecanggihan teknologi yang ada saat ini. Salah satu sumber energi alternatif yang dapat dimanfaatkan manusia adalah tenaga surya.

Energi Masa Depan Dari Tenaga Surya

Tenaga Surya (Solar Power) merupakan sumber energi yang berasal dari pemanfaatan sinar matahari melalui panel-panel surya. Energi ini dapat membantu pembuatan gas, minyak, dsb sehingga layak dijadikan sebagai energi alternative di masa depan. Mengapa demikian? Berikut ini alasan penggunaan energi surya untuk kehidupan di masa mendatang.

Sumber Energi yang Sangat Murah

Produk yang dihasilkan dari energi matahari seperti tenaga surya ditaksir memiliki harga yang jauh lebih murah 7% dibandingkan sumber energi lain. Hal ini dibuktikan pada negara Adidaya yakni Amerika Serikat yang sudah memanfaatkan energi matahari sebagai pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari.

Diperkirakan 10 tahun mendatang sekitar 100 juta orang Amerika akan menggunakan tenaga ini sebagai pilihan karena harganya lebih murah daripada listrik biasa. Sedangkan di Indonesia sudah mulai dipasang panel surya di beberapa perumahan dan diharapkan akan menjadi pilihan energi alternative bagi orang Indonesia.

Diminati Oleh Banyak Orang

Sumber energi yang memanfaatkan matahari tersebut, saat ini menunjukkan persentase yang cukup signifikan dengan terus meningkat dibandingkan dengan bidang energi lain. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hingga 41% di Amerika Serikat yang membuat salah satu sumber energi baru dan diikuti oleh gas alam. Proyek ini diimplementasikan pada perumahan di Amerika Serikat yang terus meningkat hingga 60% dari tahun sebelumnya dan diperkirakan akan terus naik pada setiap tahunnya.

Sumber Daya yang Ada Semakin Menipis

Sumber energi seperti minyak dan batubara termasuk dalam sumber daya yang tidak dapat diperbaharui sehingga dari waktu ke waktu akan semakin menipis bahkan habis untuk selamanya. Untuk menghasilkan kedua energi tersebut membutuhkan waktu jutaan tahun agar terbentuk dan tersedia kembali. Hal tersebut memaksa manusia untuk mencari sumber daya lain seperti tenaga surya agar tidak kehabisan energi di masa depan.

Sumber Energi dengan Manfaat Lebih

Energi surya memiliki keunggulan dibandingkan dengan energi lain yakni mudah dalam pemasangan dan harga yang lebih murah. Bagi yang menggunakan tenaga surya ini berarti telah melakukan penghematan biaya penggunaan serta mendapat insentif dan potongan pajak tambahan.

Tersedia Dalam Lingkup yang Luas

Penggunaan tenaga surya yang sangat pesat di Amerika Serikat memunculkan lapangan kerja baru seperti perusahaan independen, retailer, dan penjual online yang menawarkan produk solar panel. Di Indonesia juga sudah mulai beredar para penjual produk paket bertenaga surya dengan biaya sekitar 2 jutaan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *