Game Keren : Final Fantasy XV

Final Fantasy pertama kali dirilis pada tahun 1987 untuk console NES. Konon sebenarnya game keren ini direncanakan menjadi proyek terakhir Square Enix yang saat itu sedang mengalami krisis finansial. Itulah sebabnya mereka memberi judul game ini dengan kata FINAL sebagai bentuk usaha terakhir sebelum bersiap keluar dari industri game. Namun tak disangka-sangka, proyek yang tadinya dianggap sebagai penutup ini ternyata justru membuka peluang Square Enix untuk tetap eksis hingga kini. Game ini ternyata laku keras baik di Jepang maupun setelah ditranslasikan ke Amerika pada tahun 1990. Berkat game ini, Square Enix pun membatalkan pembubarannya dan tetap melanjutkan proyek Fantasy-nya sampai sekarang. Final Fantasy tampil pertama kali dengan format yang unik untuk ukuran game RPG pada masa itu. Bahkan dalam versi aslinya, judul Final Fantasy baru muncul setelah kita mengalahkan bos pertama (Garland). Berbeda dengan Final Fantasy masa kini, perkembangan 4 karakter utama dalam game ini diserahkan sepenuhnya pada player, mulai dari pemberian nama karakter, job, sampai equipment.

Seperti diketahui Final Fantasy XV merupakan seri dari Final Fantasy terakhir. Final Fantasy XV sudah mempunyai game mobile bertajuk Justice Monster Five yang diumumkan April 2016 lalu. Sebagai gambaran Justice Monster Five merupakan game mobile dengan konsep permainan pinball. Di luar itu, Square Enix Developer game ini berkolaborasi bersama Machine Zone (MZ) untuk membuat inovasi baru dengan menggarap game Final Fantasy XV menjadi game mobile berbasis MMO (massively multiplayer online).  Langkah ini diambil bagi mereka pecinta gamer di smartphone. Sebab, selama ini Final Fantasy XV hanya dikenal sebagai game yang hanya dimainkan di konsol PlayStation, Xbox One dan PC Gamer.

Meski belum sepenuhnya diungkapkan, rencana ini tentunya akan menjadi kabar baik bagi kalangan gamer, pasalnya Square Enix dikenal sebagai pengembang game handal terlebih kali ini bermitra dengan MZ. Bahkan keberhasilan Square Enix dan MZ sendiri tak diragukan lagi, sebab menurut peneliti App Annie, mereka secara konsisten menghasilkan beberapa genre game seperti Game of War: Fire Age, Mobile Strike No 2 di iOS, dan Final Fantasy Brave Exvius.

Sayangnya, perihal tanggal peluncuran dan judul mobile Final Fantasy versi MMO masih belum dibeberkan oleh perusahaan. Hanya saja, debut action game role-playing Final Fantasy XV dimulai pada 29 November untuk PS4 dan Xbox One. Belum ada detail lebih lanjut, namun Machine Zone memberikan janji bahwa karakter, soundtrack, dan storylune dari Final Fantasy XV akan hadir di dalam game MMO buatannya ini. Machine Zone pun memberi bocoran bahwa nantinya game ini akan dibuat free-to-play Sehingga memungkinkan jutaan orang di seluruh dunia untuk bermain secara real time. Jangan lewatkan bermain game keren ini ya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *