Hadirnya LiFi, yang Dapat Menggantikan WiFi

Hadirnya LiFi, yang Dapat Menggantikan WiFi

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat seluruh pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Bahkan dari seluruh perkembangan teknologi yang ada tersebut, mungkin ada beberapa teknologi yang bisa memuaskan Anda. Namun seolah tiada henti, saat para ahli teknologi terus melakukan inovasi dengan memperbaharui teknologi yang sudah ada. Contohnya saja WiFi. Sekarang ini, WiFi menjadi teknologi yang saat ini coba untuk kembali diinovasi. Seperti yang kita tahu WiFi itu merupakan sebuah teknologi nirkabel pada sebuah jaringan internet yang mungkin akan mengalami banyak perubahan sebentar lagi. Menurut hasil percobaan yang telah dilakukan di Oxford University dan University College, sebuah teknologi baru berhasil ditemukan, dimana mereka mendapatkan hasil sistem yang bernama LiFi.

Hadirnya LiFi, yang Dapat Menggantikan WiFi

LiFi merupakan sebuah teknologi yang menjadikan cahaya sebagai medium pengantar data dan bisa mentransfer dengan kecepatan yang mencapai 100 Gbps. Kecepatan ini tentunya berkali-kali lebih cepat dari WiFi dan teknologi terbaru ini digadang-gadang akan menggantikan teknologi jaringan nirkabel yang saat ini selalu digunakan yaitu WiFi. Lalu sejatinya seperti apa teknologi nirkabel terbaru ini?

Apa Itu Li-Fi?

LiFi yang merupakan singkatan dari Light Fidelity merupakan sebuah teknologi jaringan nirkabel pada sistem komunikasi yang menggunakan cahaya sebagai medianya. Teknologi ini tidak lagi menggunakan frekuensi radio konvensional seperti WiFi. Pada tahun 2012 lalu, teknologi ini sukses diperlihatkan di Las Vegas.

Bagaimana Cara Kerja Li-Fi?

Teknologi ini baru bekerja jika Anda mempunyai 2 buah sumber cahaya di perangkat. Nantinya sumber cahaya yang bisa dipergunakan adalah detektor foto dan LED. Ketika cahaya dari LED menyala, maka cahaya sensor yang ada pada ujung perangkat lainnya akan mendeteksi dan mengartikan sebagai bilangan biner 1.

Teknologi LiFi ini juga menggunakan beberapa warna cahaya pada LED. Ketika warna-warna tersebut menyala bersamaan maka akan menciptakan sebuah bangunan informasi yang sangat besar dan bisa dikirimkan secara bersamaan. Untuk sekarang, yang bisa digunakan secara bersamaan adalah laser warna hijau dan warna merah dalam sebuah data yang bisa dikirim dengan kecepatan 1 Gbps. Seandainya teknologi ini bisa menggunakan banyak warna dalam satu waktu, maka kecepatan yang akan dihasilkannya akan berkali-kali lipat.

Mengapa Li-Fi Begitu Cepat?

Alasan mengapa teknologi LiFi lebih cepat dari WiFi adalah karena jenis LED yang digunakan pada teknologi merupakan bahan semikonduktor dengan sifat yang berbeda-beda dari jenis lampu lainnya. LED yang digunakan dalam teknologi ini mampu untuk beralih on dan off hanya dalam beberapa nanodetik atau miliar detik. Apabila Anda mengonversikan nanodetik dalam kecepatan data, maka nilainya akan setara dengan 1 Gbits/s.

Sebagai penikmat teknologi, kita hanya bisa berharap agar teknologi ini bisa lekas digunakan secara luas.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *