Hal-Hal Sepele yang Dapat Membuat Kerusakan dan Harga Laptop Menurun

harga laptop murah

Laptop atau komputer jinjing adalah salah satu perangkat elektronik yang saat ini banyak dimiliki oleh sebagian besar anak muda dan para pekerja. Dengan harga laptop yang lebih terjangkau dan mudah dibawa kemana-mana, membuat perangkat elektronik ini banyak dipilih dan digunakan. Akan tetapi, beberapa hal atau kebiasaan saat menggunakan laptop, dapat menyebabkan kerusakan yang mengakibatkan harga dari komputer jinjing tersebut menurun saat Anda hendak menjualnya.

Pertama adalah menggunakan laptop di atas permukaan yang lunak misalnya sofa, karpet, tempat tidur atau memangku nya. Kebiasaan yang sering dilakukan tersebut dapat membuat ventilasi dari laptop tersebut menjadi tersumbat dan mengakibatkan laptop menjadi panas dan salah satu yang memperoleh dampak buruknya adalah bagian kipas. Jika kipas laptop tidak dapat berfungsi dengan baik dan panas menjadi over heating, maka dapat menyebabkan komputer menjadi hang dan mati mendadak. Apabila dibiarkan terus menerus, akan membuat mobo dan harddisk menjadi rusak bahkan membuat power supply mati.

Kedua adalah menyalakan laptop tanpa menggunakan baterai tanpa mempertimbangkan tegangan listrik di rumah ataupun di tempat Anda menyalakan listrik serta tidak segera mencabut charger setelah baterai penuh ataupun mencabut baterai saat laptop menyala. Hal sepele ini dapat berdampak buruk pada laptop ataupun pada charger laptop sehingga baterai tidak dapat bertahan lama. Solusinya adalah Anda harus membeli baterai atau charger baru yang compatible dengan laptop yang Anda miliki.

Ketiga adalah menggunakan laptop di luar ruangan. Laptop pada dasarnya didesain untuk digunakan di luar ruangan namun tidak jarang laptop digunakan di luar ruangan misalnya untuk mencatat suatu hasil diskusi yang dilakukan di luar ruangan dan terkena sinar matahari langsung. Sayangnya, kebiasaan tersebut dapat membuat LCD menjadi rusak. Debu dan kotoran juga mungkin dapat masuk ke dalam laptop sehingga akan mengendap dan menurunkan performa dari laptop Anda sehingga harga laptop juga akan menurun jika dijual.

Keempat adalah dengan mengguncang atau merubah posisi laptop ketika sedang digunakan atau dihidupkan. Kebiasaan tersebut secara tidak langsung berpengaruh pada harddisk karena HDD laptop memiliki piringan yang akan terus berputar saat laptop sedang digunakan. Sedangkan jika perputaran tersebut tidak stabil karena komputer jinjing tersebut diguncangkan dapat mengakibatkan bad sector di HDD.

Kelima adalah penggunaan aksesoris tambahan seperti cooling fad. Penggunaan aksesoris tersebut tentunya dapat membantu untuk mendinginkan laptop sehingga laptop tidak mengalami overheating. Akan tetapi, dengan penggunaan aksesoris tambahan tersebut dapat membuat kapasitas daya listrik laptop menjadi terganggu dan mengakibatkan laptop menjadi agak lambat dan lambat laun, laptop akan ketergantungan dengan adanya aksesoris tersebut seperti cooling pad.

harga laptop bekas
Harga Laptop

Kebiasaan lainnya yang dapat membuat laptop menjadi rusak dan membuat harga laptop tersebut menurun adalah:

  • Menghindari penggunaan laptop tanpa menggunakan baterai dalam jangka waktu yang lama. Hal tersebut dapat menurunkan kapasitas dari penyimpanan listrik di baterai laptop dan jika arus yang mengalir tidak stabil, akan membuat mainboard dari laptop tersebut menjadi rusak.
  • Meletakkan minuman di dekat laptop karena minuman tersebut dapat tumpah dan cairan yang masuk ke laptop dapat menyebabkan konsleting yang membuat laptop mati total.
  • Seringnya menggunakan port USB untuk mengisi daya misalnya baterai smartphone. Hal tersebut dikarenakan semakin besar dari daya gadget yang dicharge maka akan membuat laptop semakin panas karena daya yang dibutuhkan juga akan semakin besar dan dapat berakibat buruk pada baterai dan komponen lainnya.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *