Hippo Roller, Salah Satu Produk Teknologi Tepat Guna

Hippo Roller, Salah Satu Produk Teknologi Tepat Guna

Teknologi tepat guna merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang penerapannya dilakukan untuk menyelesaikan seluruh permasalahan dengan menggunakan peralatan yang berguna. Teknologi ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia. Apalagi di era sekarang, perkembangan teknologi sudah sangat berkembang sangat pesat. Banyak sekali teknologi yang berguna dalam kehidupan manusia dengan tujuan untuk memudahkan pekerjaan dan meningkatkan nilai ekonomi suatu produk.

Hippo Roller, Salah Satu Produk Teknologi Tepat Guna

Pengertian Teknologi Tepat Guna

Alasan mengapa dinamai teknologi tepat guna adalah karena sudah dirancang khusus dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sehingga bisa dibilang teknologi ini merupakan sebuah penemuan manusia yang menakjubkan. Adanya teknologi ini juga merupakan sebuah bukti nyata bahwa manusia memang merupakan salah satu ciptaan Tuhan yang berakal dan bisa berpikir. Sebenarnya ada banyak sekali jenis teknologi semacam ini di sekitar Anda, contohnya saja seperti Hippo Roller.

Apa itu Hippo roller?

Salah satu hasil ciptaan teknologi tepat guna adalah Hippo Roller. Hippo roller ini merupakan sebuah wadah air dalam bentuk barel atau tabung besar. Hadirnya alat ini sangat memudahkan pekerjaan Anda untuk bisa mengangkut air dan juga membawanya tanpa perlu diangkat atau digendong. Anda hanya tinggal menggulirkannya di tanah saja. Hippo roller ini memang didesain secara khusus untuk memudahkan pekerjaan si pengangkut dimana dengan menggunakan metode tradisional yang harus mengangkat air dengan menggunakan ember ternyata membuat pengangkut cukup kesulitan dan air yang dibawa juga banyak bertumpahan di jalan.

Hippo roller ini didesain sangat inovatif karena mampu menyediakan air sebanyak 90 liter atau setara dengan 24 galon. Adanya hippo ini membuat Anda tak lagi perlu bersusah payah untuk mengangkut air sebanyak 90 liter dalam satu kali angkut saja. Anda hanya perlu menggelindingkannya sambil dikemudikan dengan menggunakan tangkai yang memang didesain khusus untuk bisa mengatur gerak tabung air tersebut. Bisa dibilang desainnya mirip dengan troli belanja tetapi dalam bentuk yang beda.

Hadirnya hippo roller ini akan membuat pekerjaan Anda terasa lebih ringan dibanding harus mengangkat air dengan menggunakan ember yang kemudian dibebankan pada bagian kepala. Sebab, selain berat, hal tersebut juga akan membahayakan karena menekan tulang punggung dan kepala Anda. Tidak hanya itu, menggunakan metode tradisional Anda hanya mampu mengangkat air sebanyak 20 liter saja di atas kepala dengan catatan kepala Anda mampu menanggung beban seberat itu. Alat ini sekarang diproduksi dan juga diimpor dari Afrika Selatan.

Penggunaan hippo roller

Hippo roller ini bertujuan untuk membantu orang-orang yang tidak memiliki sumber air di rumah bisa menjadi lebih mudah mengangkut air dari jarak yang sangat jauh dalam jumlah yang besar. Tidak hanya itu, hippo roller juga bisa digunakan mengalirkan irigasi, contohnya saja di Zambia, para petani kapas skala kecil di tempat tersebut biasanya menggunakan hippo roller untuk memudahkan pekerjaan mereka dalam mengairi tanaman.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *