Info Teknologi, 5 Cara Perawatan Laptop yang Benar

Info Teknologi Seputar Laptop – Laptop saat ini menjadi barang elektronik yang umum digunakan. Laptop sudah menjadi kebutuhan yang menunjang segala macam pekerjaan dan sarana hiburan dsb. Kelebihan laptop dibandingkan dengan komputer rumah adalah lebih praktis dan mudah dibawa kemanapun. Dari semua manfaatnya, pemilik laptop dituntut untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan dan perawatan yang benar.

Merawat laptop adalah hal penting yang harus diketahui, karena jika pemakaian tidak dibarengi dengan perawatan bisa menyebabkan laptop mudah rusak atau kinerjanya menjadi menurun.

Dalam artikel info teknologi ini, kami akan memberikan tips bagaimana cara merawat laptop yang tepat agar performanya tetap terjaga, lebih awet dan tidak mudah rusak.

Jangan Nyalakan Laptop di Permukaan yang Tepat

Perawatan laptop bisa dimulai dari cara pemakaiannya yang tepat. Menggunakan laptop sambil tiduran atau duduk di kasur merupakan kebiasan sebagian orang dengan alasan nyaman. Namun, tahukan Anda bahwa menyimpan laptop di permukaan kasur atau bantal bisa membuat laptop overheat. Karena kipas laptop tertutup akibatnya fungsi kipas sebagai pendingin tidak bisa berjalan dengan baik akibat sirkulasi udara di dalam laptop terganggu.

Hindari Laptop Terkena Air

Hindari laptop terkena air, baik itu air minum, air hujan dsb. Jadi hati-hatilah menempatkan gelas minum di sekitar laptop. Kebiasaan menaruh gelas di samping laptop bisa berakibat fatal jika gelas tumpah dan airnya mengenai laptop. Jika laptop terkena air segera matikan laptop dan lepaskan baterai. Lalu keringkan bagian laptop yang terkena air. Jika sudah kering laptop bisa dihidupkan kembali.

Baca juga:Teknologi Terkini Laptop Gaming Bagi Gamers Sejati

Jangan Menyimpan Benda di Atas Laptop

Jangan pernah menyimpan benda di atas laptop walaupun laptop dalam posisi tertutup. Apalagi beban bendanya berat karena bisa menyebabkan layar LCF dan bagian optiknya rusak. Jika LCD rusak ciri umumnya muncul bercak atau garis pada permukaan layar. Atau ada juga kerusakan yang menyebabkan layar laptop selalu berkedip. Jika tidak segera dibenarkan kerusakan akan semakin parah dan bisa menyebabkan laptop mati.

Perhatikan Suhu Ruangan

Jangan gunakan laptop di ruangan yang suhunya terlalu dingin maupun panas. Jika kondisi ruangan panas gunakan bantuan kipas pendingin atau cooling pad. Hindari laptop terkena sinar matahari langsung karena bisa menyebabkan kinerja laptop menurun.

Bersihkan Laptop Dengan Cara yang Benar

Membersihkan laptop tidak bisa sembarangan karena ada beberapa komponen yang sensitive. Debu dan kotoran yang menempel harus segera dibersihkan agar tidak menumpuk dan menggangu proses pembuangan udara. Bersihkan juga layar dan keyboradnya.

Membersihkan layar LCD harus menggunakan cairan khusus pembersih layar LCD dengan menggunakan kain yang halus tidak mengandung serat. Sedangkan membersihkan keyboard bisa menggunakan sikat/ kuas yang halus agar kotoran yang menyelip bisa terangkat.

Demikian info teknologi mengenai cara membersihkan laptop agar kinerja lapop tetap maksimal dan lebih tahan lama. Semoga bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *