Info Teknologi Canggih Buatan Indonesia

Negara Indonesia ternyata memiliki banyak teknologi canggih bahkan tidak sedikit karya anak bangsa yang digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Dalam artikel ini kita akan memberikan info teknologi canggih buatan Indonesia yang kami kumpulkan dari berbagai sumber. Yuk, simak ulasannya berikut ini

Panser Anoa

Info teknologi buatan Indonesia yang pertama adalah panser Anoa atau panser APS 6×6 ini adalah kendaraan lapis baja yang fungsinya untuk mengangkut tentara ke medan perang. Penamaan Anoa diambil dari hewan khas Sulawesi.

Panser ini tidak kalah canggih dengan buatan eropa. Panser yang memiliki 6 roda ini mampu melaju hingga kecepatan 60 km/ jam. Selain itu, panser ini mampu melompati parit atau lubang dengan lebar 1 meter dan melaju di jalan yang memiliki sudut kemiringan 45 derajat.

Tidak hanya itu, kecanggihan panser ini terbukti dengan kendaraan yang tidak tembus peluru. Bahkan senjata canggih seperti AK47 dan M-16 tidak bisa menembusnya. Karena panser ini menggunakan bahan lapis baja yang kuat.

Panser Anoa dikembangkan oleh PT-Pindad Indonesia yang banyak mengembangkan dan menghasilkan kendaraan militer dan senjata ringan. Kendaraan yang dirancang untuk kebutuhan kavaleri ini dapat membawa 10 orang personil, termasuk di dalamnya 3 awak, 1 supir, 1 komandan dan 1 orang penembak.

Bagian atas sisi kiri Panser dapat dipersenjatai dengan senapan mesin atau peluncur granat. Senapan mesin pada panser ini memiliki caliber 12.7 mm. Sedangkan pada granat otomatisnya memiliki caliber 40mm. Bagian depan dan belakang panser dapat diletakkan 2 jenis senjata .

Baca Juga:Info Teknologi Terbaru dari Negeri Jepang

KRI Kralt 827

Kapar perang KRI Kralt 827 merupakan hasil pertukaran ilmu antara TNI Angkatan Laut melalui fasharkan (fasilitas pemeliharaan dan perbaikan) Mentigi dengan PT Batan Expressindo Shipyard, Tanjung Guncang.

Kerjasama yang dilakukan selama 14 bulan ini, 100% dikerjakan oleh putra putrid Indonesia dan hasilnya sangat mengagumkan. Menggunakan bahan baku alumunium, dilengkapi dengan bertonase 190 DWT mampu mengarungi laut dengan jarak jelajah sekitar 2.500 mil.

Kapal perang KRI Kralt 827 sudah dilengkapi radar yang mampu menjangkau 96 nautical mil atau setara dengan 160km. Selain itu, kapal ini sudah dilengkapi teknologi navigasi GMDSS area 3 dengan kecepatan 25 knots.

Mobil Arina SMK

Teknologi canggih yang membuat bangsa Indonesia bangga adalah mobil Arena SMK. Merupakan hasil kerja sama armada Indonesia (Arina) dengan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Mobil yang terbuat dari mesin sepeda motor ini memiliki kapasitas mesin 150 cc, 200 cc dan 250 cc.

Mobil yang memiliki ukuran 2,7mX1,3mX1,7m ini menggunakan bensin 1 liter untuk jarak 40 km. Dengan ukuran tersebut memungkinkan mobil masuk ke dalam gang yang sempit. Demikian info teknologi buatan anak bangsa yang membanggakan. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *