Informasi Lengkap Terkait Kontes Robot Indonesia

Kecanggihan teknologi kini terus berkembang dengan tanpa batas. Teknologi pun sudah masuk ke berbagai aspek kehidupan secara umum di hampir semua orang mulai dari hal simpel seperti pekerjaan rumah, komunikasi sehari-hari hingga urusan pekerjaan yang begitu pelik. Selain itu, kemunculan teknologi baru berupa robot juga sangat mampu dalam menarik perhatian publik karena robot-robot kini sudah mulai diciptakan untuk bisa menggantikan pekerjaan manusia. Indonesia pun juga mengikuti tren yang ada dengan digelarnya Kontes Robot Indonesia.

Kontes Robot Indonesia atau KRI merupakan sebuah kegiatan kompetisi di bidang robotika yang bisa diikuti oleh tim mahasiswa dari perguruan tinggi baik negeri maupun swasta hingga institusi yang telah terdaftar di Kemenristek. Setelah sukses mengadakan kontes ini di tahun-tahun sebelumnya, kini KRI telah dibuka kembali untuk tahun 2017. KRI 2017 ini akan diselenggarakan di dalam 4 wilayah regional dimana mencakup Regional I yaitu wilayah Sumatera dan sekitarnya, untuk Regional II adalah wilayah Jawa di bagian barat, Sulawesi wilayah dan Kalimantan (sebagian. Untuk Regional III sendiri meliputi area Jawa di bagian tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur. Sedangkan untuk Regional IV terdiri dari wilayah Jawa bagian timur, NTB, NTT, Bali, wilayah Maluku dan Papua.

Seluruh rangkaian dari kegiatan KRI Regional ini telah dimulai dari tanggal 4 Mei 2017 dan nantinya akan berakhir pada tanggal 25 Mei 2017. Nantinya pemenang dari setiap regional akan diundang dan kemudian ikut serta dalam KRI di tingkat Nasional yang terselenggaranya pada tanggal 6 sampai 9 Juli 2017. Namun untuk dapat mengikuti KRI 2017 ini, maka setiap tim dari calon peserta wajib untuk mengajukan proposal kepada panitia pusat KRI 2017 yang telah disetujui oleh Wakil Rektor atau Ketua atau Direktur Bidang Kemahasiswaan pada masing-masing Perguruan Tinggi.

Untuk deskripsi dari kegiatan KRI 2017 ini sendiri sangat menarik dimana menampilkan 5 divisi dari kontesnya yaitu

  1. Kontes untuk Robot ABU Indonesia (KRAI).
  2. Kontes untuk Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Berkaki.
  3. Kontes untuk Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid.
  4. Kontes untuk Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda.
  5. Kontes untuk Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI).

Sedangkan untuk waktu pelaksanaannya, maka bisa berpatokan pada jadwal berikut ini:

  1. Regional I: 22 Mei – 24 Mei 2017 bertempat di Universitas Sriwijaya Palembang.
  2. Regional II: 18 Mei -20 Mei 2017 bertempat di Universitas Telkom Bandung.
  3. Regional III: 11 Mei -13 Mei 2017 bertempat di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
  4. Regional IV: 4 Mei – 6 Mei 2017 bertempat di Universitas Brawijaya Malang.
  5. Kontes Robot Tingkat Nasional: 6 Juli – 9 Juli 2017 bertempat di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *