Ini Dia Teknologi Robot Canggih yang Bisa Menggantikan Kinerja Manusia

Perkembangan zaman di era globalisasi ini dapat diakui memang kian pesat sejak kemunculan banyaknya produk dari kancah teknologi. Kini hampir semua aspek kehidupan telah dimasuki oleh adanya pengaruh teknologi yang diklaim mampu memudahkan dalam aktivitas manusia secara keseluruhan. Bukan hanya sekedar komputer dan ponsel saja yang ada untuk membantu pekerjaan manusia, melainkan telah ada robot canggih yang kini bahkan bisa menggantikan peran manusia dalam pekerjaan.

Banyak yang masih ragu dengan kinerja para robot ini, namun ternyata para produsennya telah mampu membuktikan jika kinerja robot ini hampir 100% sangat baik. Berikut ini beberapa robot canggih yang bisa menggantikan peran manusia:

  • Knightscope K5, robot petugas keamanan

Yang pertama ada robot yang diberi nama Knightscope K5 yang bertugas untuk menjaga keamanan di kawasan pusat dari perusahaan di Sillicon Valley. Bentuknya seperti kapsul dengan fungsi yang tentunya canggih. Robot ini telah dilengkapi dengan adanya GPS, deteksi panas dan laser. Dengan kecanggihan teknologi di dalamnya, maka robot ini mampu mengamati adanya perilaku yang mencurigakan dan kemudian memberikan peringatan ke bagian keamanan di kawasan Sillicon Valley.

  • Kuri, robot asisten rumah tangga

Robot yang memiliki teknologi canggih selanjutnya adalah sosok robot bernama Kuri. Robot ini memang berbentuk kecil yang baru saja rilis dan dibanderol di kisaran harga $700 setiap unitnya. Robot ini dilengkapi kemampuan untuk bergerak dan dapat berinteraksi dengan baik sehingga bisa juga untuk dijadikan teman bermain di dalam keluarga. Kuri dipasangi dengan kamera yang juga bisa dijadikan CCTV untuk mengawasi segala hal di rumah ketika semua anggota keluarga pergi sehingga keamanan pun tetap terjaga. Dengan segala kelengkapan, kecanggihan dan bentuknya yang lucu, tak heran jika banyak yang memprediksi robot Kuri ini akan amat sukses di pasaran.

  • B1-O dan N1-C, robot bartender handal

Selanjutnya ada juga robot yang bisa bertugas sebagai bartender yang handal bernama B1-O dan N1-C. Namun untuk bisa menjumpai robot ini, maka Anda perlu berlayar lebih dulu menggunakan kapal pesiar karena mereka ada di kapal pesiar mewah yang bernama Quantum of the Seas. Banyak sekali pengunjung yang telah membuktikan kebenaran bahwa kedua robot ini sangat mahir dalam meracik minuman untuk pelanggannya. Mungkin Anda penasaran dengan nama yang agak sulit di eja, namun jika digabungkan, maka B1-O dan N1-C bisa dibaca BIONIC, hebat bukan?

Itulah beberapa robot canggih yang kini sudah mulai umum dipergunakan di sekitar kehidupan. Dengan adanya robot tersebut, maka kehidupan manusia memang lebih mudah. Namun untuk bisa bersaing dengan teknologi robot yang ada, maka manusia juga harus bisa lebih mengasah kemampuannya lagi.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *