Ini Tips Dan Cara Mengecilkan Ukuran Foto JPG

Mengompress dan mengecilkan ukuran foto jpg sekarang ini adalah kebutuhan. Terutama bagi para penulis yang harus meng-upload teks beserta gambar, namun tidak ingin mengurangi kualitas gambar yang sudah disiapkan. Gambar yang memiliki ukuran besar berpengaruh pada proses mengupload tulisan. Biasanya artikel dengan gambar yang ukurannya besar akan sulit untuk di-upload. Di saat-saat seperti inilah, yang kamu butuhkan adalah jawaban dari pertanyaan bagaimana cara kompres foto, dengan tujuan agar artikel yang kamu upload tidak terlalu berat saat proses load page sehingga kamu akan memberikan kenyamanan kepada pengunjung blog milikmu.

Berbagai cara bisa kamu lakukan untuk memperkecil ukuran foto yang kita miliki. Salah satu cara yang paling populer untuk memperkecil ukuran foto adalah menggunakan Adobe Photoshop. Adobe Photoshop merupakan aplikasi yang cukup mudah dan simpel yang bisa kamu pilih sebagai  cara mengecilkan ukuran foto JPG yang kamu miliki. Jika kamu tidak tahu bagaimana cara menggunakan Photoshop, sebelumnya ada 3 hal yang harus kamu siapkan untuk memulai cara mengecilkan ukuran foto jpg.

Apa sih yang harus kamu siapkan? Yang pertama, pastikan bahwa di laptop kamu sudah terinstal aplikasi Adobe Photoshop. Kedua, siapkan gambar atau foto yang ingin kamu kecilkan. Yang ketiga adalah yang terpenting, yaitu menyiapkan waktu untuk membaca artikel ini, supaya kamu bisa belajar.

Penasaran bagaimana sih cara mengecilkan ukuran foto? Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

  1. Siapkan dan buka aplikasi. Jika kamu sudah memastikan bahwa di laptopmu telah terinstal aplikasi Adobe Photoshop, bukalah aplikasi tersebut di desktop maupun lewat tombol start.
  2. Jika kamu sudah membuka aplikasi Adobe Photoshop, carilah menu file di sebelah kiri atas, lalu klik menu file tersebut. Setelah itu akan muncul berbagai pilihan perintah. Klik tombol open. Setelah itu akan muncul jendela pencarian. Carilah file gambar yang ingin kamu kecilkan ukurannya. Setelah itu klik foto tersebut dan klik open. Setelah itu, gambar akan masuk ke dalam aplikasi Adobe Photoshop. Kamu tidak perlu mengedit apapun saat gambar sudah masuk ke dalam aplikasi Adobe Photoshop.
  3. Setelah foto masuk ke dalam aplikasi, kamu cukup membuka menu file lagi, lalu pilihlah tombol Save As. Akan muncul jendela tempat kamu bisa menyimpan foto tersebut. Pilihlah folder tertentu yang sudah kamu siapkan untuk menyimpan foto tersebut. Kemudian gantilah nama file, bedakan dengan nama aslinya. Selanjutnya klik Save. Setelah itu akan muncul jendela JPG options.
  4. Isilah kolom Quality dengan mengklik panah kecil yang berada di sebelah kanan tulisan. Di situ, kamu akan diberi pilihan untuk memilih ukuran foto yang kamu inginkan. Pilihlah ukuran foto sesuai keinginanmu. Tentunya jika kamu ingin memperkecil ukuran foto, pilihlah ukuran foto yang lebih kecil dari ukuran sebelumnya.

Nah, itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk memperkecil ukuran foto JPG kamu menggunakan aplikasi Adobe Photoshop. Bagaimana? Mudah bukan? Kamu juga tidak perlu memiliki keterampilan atau bakat untuk mengecilkan ukuran foto. Pastinya, kualitas gambar juga tidak akan berkurang.

Sebetulnya untuk mengecilkan ukuran foto, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan, salah satu caranya adalah dengan kompres foto online. Cara me-rize foto online juga tergolong mudah kok, asalkan kamu mau mencari informasi dan terutama mau belajar. Selamat mencoba.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *