Inilah Dampak Positif dan Negatif dari Teknologi Sosial Media Saat Ini

Inilah Dampak Positif dan Negatif dari Teknologi Sosial Media Saat Ini

Jika berbicara mengenai media sosial saat ini memang sudah sangat familiar sekali ditelinga semua masyarakat, dari mulai anak-anak sampai dengan orang tua. Ya, saat ini memang sangat berbeda dengan beberapa tahun yang lalu. Perkembangan teknologi sosial media sangat pesat sekali, bahkan tidak hanya satu, dua media saja yang dapat Anda digunakan tetapi banyak sekali. Keberagaman fitur yang ada didalamnya juga memberikan kemudahan masyarakat untuk melakukan segala hal. Misalnya saja dari mulai share foto, lokasi, video, ataupun hal lainnya yang diperlukan dalam komunikasi atau interaksi dengan banyak orang.

Inilah Dampak Positif dan Negatif dari Teknologi Sosial Media Saat Ini   

Sampai dengan saat ini data menyebutkan bahwa memang Indonesia masuk menjadi daftar negara yang menggunakan akun sosial media terbanyak. Misalnya satu orang tidak hanya cukup mempunyai satu sosial media saja tetapi banyak sekali. Terlepas dari itu semuanya pasti ada dampak yang ditimbulkan baik ataupun buruk. Nah, berikut ini ada beberapa dampak positif yang bisa Anda dapatkan yaitu:

  • Sebagai tempat promosi.

Banyaknya pengguna media membuat beberapa orang dengan mudahnya memanfaatkan sebagai media promosi secara cepat. Ini tentunya tidak mengherankan jika membantu mereka perseorangan ataupun kelompok yang melakukan promosi penjualan untuk mendapatkan banyak keuntungan.

  • Banyak jaringan.

Tidak dipungkiri memang semakin banyaknya media sosial semakin banyak juga jaringan yang bisa Anda jadikan komunitas. Ini artinya Anda mempunyai lebih banyak lagi kesempatan untuk menambah teman ataupun jaringan hanya sekedar teman ataupun rekan bisnis.

  • Mengembangkan kreativitas.

Dengan adanya kemajuan fitur pada teknologi sosial media saat ini memudahkan masyarakat untuk mengembangkan segala ketrampilan ataupun kreatifitasnya. Ini bisa dilihat sendiri dari banyaknya orang yang mulai mendapatkan penghasilan setelah mengshare video kreatif mereka melalui media sosial.

Diatas hanyalah sedikit contoh dampak positif yang bisa didapatkan dari penggunaan media sosial saat ini. Disamping itu ternyata masih ada juga dampak negative yang berbahaya dan membuat masyarakat terjebak dalam hal buruk. Ya, sosial media bisa membuat orang kecanduan, melakukan atau menjadi korban kejahatan, perjudian sampai dengan seks bebas yang dilakukan melalui media tersebut. Hal itulah yang perlu untuk selalu diwaspadai oleh setiap orang supaya tidak terjebak dalam hal yang sangat merugikan. Alih-alih mengikuti perkembangan media saat ini yang terjadi sebaliknya yaitu terperangkap dalam keburukan.

Hal baik atau buruk yang didapatkan dari kemajuan setiap teknologi itu sebenarnya sama saja, artinya semuanya mempunyai resiko sama. Jadi sebagai orang yang menggunakan salah satunya harus dapat mengontrol diri supaya tidak menjadi buruk. Hal ini berlaku keras untuk para orang tua yang buah hatinya sudah mulai teracuni oleh teknologi sosial media yang sangat bebas perlu berhati-hati, tetap dampingi dan lindungi supaya tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *