Inilah Smartphone dengan Kamera Terbaik 2018

Apa yang ada di kepala kamu bila ditanya soal hp dengan kamera terbaik? Apakah kemampuan menghasilkan foto bernuansa depth of field? Atau resolusi kamera belakang yang besar?

Setiap orang tentu memiliki alasan sendiri dalam menentukan hp dengan kamera terbaik versinya. Sebab, dalam satu pabrikan saja, ada banyak sekali varian hp yang dikeluarkan. Itu belum termasuk selera pribadi masing-masing orang yang menggunakannya.

Namun, rasanya semua akan setuju bila diajak untuk memilih kemampuan kamera hp berdasarkan kualitas hasil fotonya di tempat gelap. Pasalnya, rata-rata ponsel sudah memiliki kemampuan kamera yang baik di tempat dengan pencahayaan cukup, namun tidak untuk tempat yang memiliki pencahayaan kurang.

Jadi, siapakah hp dengan kamera terbaik pada 2018?

 

Ya, Samsung Galaxy S9 berhasil membuktikan dirinya sebagai ponsel dengan kamera terbaik. Samsung Galaxy S9 punya alasan kuat untuk membawa tagline di atas. Perusahaan asal Korea Selatan ini lebih dari serius untuk mematahkan dominasi iPhone di kepala orang perihal ponsel dengan kamera terbaik. Bukan berarti kamera iPhone (yang diwakili oleh iPhone X) jelek juga. Keduanya adalah hp yang memiliki kamera dengan auto fokus terbaik. Hanya saja, Samsung (yang diwakili Galaxy S9) kali ini memang lebih baik.

Rahasia ketangguhan Samsung sebagai pemilik gelar hp dengan kamera terbaik ada pada sensor yang dimilikinya. Sensor utamanya memiliki bukaan f/1,5. Semakin kecil angkanya, semakin baik kualitas foto dalam cahaya rendah. Kurangnya cahaya selama ini dianggap sebagai kesulitan tersendiri bagi dunia fotografi. Samsung Galaxy S9 adalah hp memiliki bukaan f/1,5 di muka bumi. Dengan demikian, ia menjadi yang pertama pula dalam keberhasilan mengatasi tantangan itu.

Bukaan f/1,5 memang jawara buat kondisi kurang cahaya, namun apa tidak membuatnya kewalahan dalam kondisi “banjir cahaya” kala siang nan terik?

Jangan khawatir. Selain dibekali dengan bukaan f/1,5, Samsung Galaxy S9 juga dibekali oleh bukaan f/2,4. Bukaan yang satu ini berguna untuk mengurangi eksposur yang berlebihan dalam kondisi terang.

Jadi, Samsung Galaxy S9 memang tidak hanya memberikan kamu dua kamera dengan resolusi 12MP + 12MP di belakang dan 1 kamera dengan resolusi 8MP di depan. Ia juga memberikan kamu Dual Aperture Technology alias teknologi bukaan ganda agar hasil fotomu tetap perkasa baik siang maupun malam hari.

Super Slow-Mo!

Selain tangguh menangani berbagai kondisi pencahayaan, kamera Samsung juga membuat standar baru. Standar baru yang dimaksud ialah tentang fitur slow motion alias Slow-mo.

Kalau 240 frame per second (fps) belum mampu memuaskan kamu yang sedang asyik bikin film yang memiliki banyak adegan slow motion menggunakan hp, sepertinya kamu perlu jajal Samsung Galaxy S9. Pasalnya, flagship Samsung ini meningkatkan jumlah tadi sebanyak 4x lipat hingga 960 fps. Sadis nggak, tuh!

Kondisi ini tentu bakal membuat hasil video kamu jadi lebih mulus. Tinggal pintar-pintarnya kamu mengambil sudut pengambilan gambar dan memperhatikan komposisi warna yang bakal muncul di layar demi mendapatkan video yang berkualitas. Iya, kan?

Dua keunggulan seperti ini tentu akan membuat kamu membutuhkan ruang penyimpanan yang tidak sedikit. Bagusnya, mereka memahami hal ini dengan baik. Pilihan ruang penyimpanan pada Samsung Galaxy S9 terdiri dari 64GB, 128GB, dan 256GB. Kalau masih kurang juga, mereka menyediakan slot tambahan untuk memory card.

Pada akhirnya, terdapat banyak sekali aspek untuk menentukan baik-buruknya kualitas kamera pada sebuah hp, seperti dari sensor dan bukaan kamera hp itu sendiri. Hukum harga juga tidak berbohong. Semakin baik kualitas suatu barang, semakin mahal harganya.

Tapi bukankah mahal dan murah itu bersifat relatif? Semuanya bergantung pada kemampuan menabung dan potensi kualitas yang akan kamu dapatkan, kan?

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *