Inilah Teknologi Robot Terbaru yang Bisa Menggantikan Tugas Manusia

Kehidupan di era modern seperti saat ini sudah sangat identik dengan segala hal yang praktis. Kepraktisan dan segala kemudahan ini muncul dari teknologi yang telah berkembang pesat di zaman globalisasi ini. Terbukti dengan banyaknya produk dari teknologi terbaru yang terus menerus muncul. Belakangan ini juga beberapa produsen robot telah bisa menciptakan produk robot terbaru yang bahkan telah mampu menggantikan tugas dari manusia.

Banyak yang kemudian menyadari jika beberapa film yang memberikan alur cerita berupa robot mampu mengambil alih kendali dunia mungkin memang benar bisa terjadi. Berikut ini beberapa robot terbaru yang mampu mengambil alih peran manusia dalam beberapa tugas:

  • Pepper, robot guru

Ketika guru-guru Indonesia sedang banyak yang mengincar posisi untuk menjadi PNS, berbeda dengan guru di Jepang, Inggris dan Singapura dimana telah mempekerjakan robot sebagai guru. Robot yang dikeluarkan oleh Softbank ini memang tidak pernah berhenti membuat banyak orang berdecak kagum lantaran teknologinya. Bahkan, robot Pepper ini juga mampu menjadi sales dimana telah dipekerjakan oleh perusahaan Nestle di Jepang.

  • Carl, robot bartender

Ada juga robot bartender yang diberi nama Carl. Robot yang satu ini didesain khusus memang untuk menjalankan pekerjaan sebagai bartender. Jika Anda ingin merasakan sensasi minum dari hasil kerja Carl, maka Anda bisa berkunjung ke Robots Bar and Lounge di Jerman. Hasil racikannya pun diklaim sangat lezat seperti buatan manusia pada umumnya.

  • Otonaroid dan Kodomoroid, robot pemandu museum

Dilihat dari namanya saja sudah terlihat jika robot ini berasal dari Jepang. Perlu diketahui jika Japan National Museum of Emerging Science telah mempekerjakan dua robot ini yang diberi tugas untuk bisa memandu kepada pengunjung yang datang ke museum. Untuk robot pertama ada Otonaroid yang berbentuk robot wanita dengan rambut hitam panjang yang bertugas untuk komunikator museum sedangkan robot Kodomoroid berbentuk seperti anak yang bertugas untuk melapor isu terkini

  • Chihira Aico, robot receptionist

Di Jepang, tugas receptionist bahkan juga sudah diserahkan kepada robot. Anda bisa menemui robot ini di Tokyo Dept Store dan juga Hen-na Hotel yang telah mempekerjakan robot sebagai receptionist yang mampu membantu tamu atau pengunjung dalam berbagai hal.

Itulah beberapa jenis robot terbaru yang digadang-gadang akan bisa menggantikan pekerjaan manusia lebih banyak lagi. Banyak perusahaan yang lebih memilih mempekerjakan robot dengan alasan jika dihitung kembali maka biaya yang dikeluarkan adalah lebih murah dibanding mempekerjakan manusia. Jika hal ini terus terjadi, maka ada baiknya manusia untuk bisa lebih belajar lagi sehingga tidak kalah dengan kualitas robot.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *