Inilah Teknologi Transportasi yang “Mungkin” Bisa Dilihat di Waktu Dekat

Inilah Teknologi Transportasi yang “Mungkin” Bisa Dilihat di Waktu Dekat

Dunia yang serba dinamis seperti saat ini tentu menjadikan semua orang wajib bisa bergerak dengan cepat dan adaptasi akan perkembangan zaman. Hal ini memang tak bisa dilepaskan dengan berkembangnya teknologi sehingga makin menjadikan kemudahan untuk semua manusia. Dalam hal ini transportasi juga menjadi salah satunya. Teknologi transportasi pun berkembang seiring waktu ke waktu sehingga melahirkan banyak sekali alat transportasi baru yang diklaim memiliki banyak keunggulan dan kecanggihan.

 Inilah Teknologi Transportasi yang “Mungkin” Bisa Dilihat di Waktu Dekat

Karena tuntutan untuk bisa bergerak cepat inilah menjadikan inovasi di bidang transportasi tidak dilewatkan. Untuk teknologi di bidang transportasi sebetulnya sudah banyak, namun ada beberapa teknologi yang mungkin bisa Anda lihat di waktu dekat ini, seperti:

  • Supercavitation

Jika membicarakan kecepatan, maka pasti sepakat jika tak ada kecepatan yang lebih baik dibanding Supercavitation. Supercavitation ini merupakan efek ketika lapisan di gumpalan gas terbentuk dalam obyek cairan. Gas ini akan bisa menjadikan gesekan berkurang hingga 900 kali. Untuk kecepatannya bahkan disebut bisa menyaingi kecepatan dari tornado. Untuk Supercavitation ini masih dalam pengembangan namun telah dibentuk sebuah prototype yang ditujukan bagi angkatan laut.

  • Jetpack

Berbeda dengan teknologi sebelumnya yang masih dalam bentuk prototype, namun Jetpack ini sudah siap dalam penggunaan komersial meski belum ditentukan tanggal perilisannya. Jetpack merupakan inovasi dalam teknologi transportasi dimana bisa terbang dengan kecepatan 74 km per jam selama 30 menit. Penggunaannya adalah untuk individual dan sebetulnya ditujukan untuk para penyelamat dan juga pertolongan pertama. Namun Jetpack ini sudah direncanakan bisa dipakai secara umum dan dibanderol sekitar 2,6 Milyar rupiah.

  • Road Train

Road Train ini bisa jadi sebagai solusi alat transportasi masa depan. Road Train sendiri akan bisa menghubungkan mobil satu dengan lainnya di arah yang sama lewat unit GPS. Nantinya grup mobil itu kemudian akan diarahkan bus atau truk ke rute tertentu. Digadang-gadang Road Train ini akan bisa menghemat bahan bakar hingga 20% tiap tahunnya. Selain itu Road Train juga jadi solusi untuk minimalisir kecelakaan.

  • Driverless Car

Beberapa kali sudah dimunculkan inovasi berupa Driverless Car yakni mobil tanpa pengemudi. Meski bukan hal baru, namun Driverless Car ini tetap mencengangkan. Mungkin nantinya Anda tak perlu lagi capek menyetir mobil dan semuanya sudah diatur dengan sistem di dalam mobil. 

Dari beberapa teknologi transportasi tersebut, ada yang sudah dirilis, penelitian hingga masih dikembangkan. Namun tentunya semua itu harus didukung mengingat segala jenis transportasi tersebut adanya adalah untuk kemudahan manusia. Semoga saja semua teknologi baru di bidang transportasi itu bisa dimanfaatkan dalam waktu dekat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *