Home Elektronik Berikut Cara Membersihkan Mesin Cuci dengan Benar

Berikut Cara Membersihkan Mesin Cuci dengan Benar

by Caswitin
cara membersihkan mesin cuci

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa memiliki lebih mudah dibandingkan merawat. Hal ini memang benar adanya. Ketika kita ingin memiliki suatu barang, kita dapat mengumpulkan uang dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama. Akan tetapi untuk merawat barang tersebut, tentu membutuhkan waktu yang lama dan kehati-hatian. Tidak jarang barang menjadi cepat rusak karena kesalahan dalam perawatan. Salah satu barang yang sangat membantu pekerjaan rumah tangga adalah mesin cuci. Karena fungsinya yang cukup penting, maka anda juga perlu tahu bagaimana cara membersihkan mesin cuci. Berikut ini akan dibahas beberapa cara membersihkan mesin cuci dengan baik dan benar. Silahkan disimak!

1. Cara membersihkan mesin cuci dengan baking soda.

Bahan yang perlu anda siapkan adalah:
a. 2 gelas cuka
b. 50 gr baking soda
c. Spons
d. 50 ml air

Langkah-langkah:
a. Campurkan 50 gr baking soda dan 50 ml air ke dalam wadah kecil.
b. Tuang cuka di dalam wadah terpisah
c. Masukkan larutan baking soda ke dalam bagian detergen. Kemudian tuangkan cuka.
d. Tutup mesin cuci kemudian nyalakan sebentar.
e. Baking soda dan cuka mampu menghilangkan bakteri dan kotoran yang tertinggal di dalam mesin cuci.

2. Cara membersihkan mesin cuci front loading (bukaan depan)

a. Cara membersihkan mesin cuci yang pertama adalah pastikan mesin cuci sudah kosong dan tidak ada pakaian yang tertinggal. Kemudian jalankan program pencucian dengan air panas guna membersihkan sisa-sisa detergen yang menumpuk di dalam drum mesin cuci.
b. Guna menghilangkan bau, tuang 2 cangkir cuka ke dalam laci detergen kemudian jalankan program pencucian seperti biasa.
c. Jika mesin cuci anda memiliki laci khusus detergen maka lepas dan rendam laci tersebut ke dalam ember yang berisi air bersih. Apabila terlalu kotor, anda dapat mencampur rendaman air panas dengan karbol secukupnya.
d. Sembari menunggu laci detergen, basuh kain dengan air panas guna mengelap bagian pintu mesin cuci. Tarik pinggiran karet penyegel pintu secara perlahan guna membersihkan sisa dan kerak sabun yang tertinggal.
e. Anda juga dapat membersihkan saluran yang menghubungkan laci detergen dan juga tabung mesin cuci.
f. Sikat kotoran yang tersisa pada laci detergen menggunakan sikat gigi bekas.
g. Cara membersihkan mesin cuci yang terakhir adalah bilas kemudian keringkan kembali laci detergen sebelum dipasang.

Baca Juga:  Tips Berfoto dengan Kamera Hp Agar Mendapatkan Hasil yang Bagus

3. Cara membersihkan mesin cuci top loading (bukaan atas)

Cara membersihkan mesin cuci bukaan atas sedikit berbeda dengan yang sebelumnya:

a. Jalankan program pencucian pada mesin cuci yang telah dikosongkan dengan menggunakan sedikit air panas.
b. Ulangi kembali program pencucian. Pada saat mesin cuci telah terisi penuh dengan air dan mulai berputar, anda dapat menambahkan 750 ml larutan cuka putih yang dicampur dengan 60 gr baking soda.
c. Biarkan larutan teraduk rata selama 30 detik, kemudian matikan mesin cuci. Diamkan selama 30 hingga 60 menit.
d. Setelah dinding mesin cuci benar-benar terendam sepenuhnya, nyalakan mesin cuci dan tunggu hingga program pencucian selesai.
e. Matikan mesin cuci dan bersihkan sisa air pada bagian dalam menggunakan kain yang telah direndam dengan air panas dan sedikit cuka. Jangan lupa untuk membersihkan secara menyeluruh dan mengelap bagian penggiran serta langit-langit tabung, ya!

Nah, itulah tadi beberapa cara membersihkan mesin cuci yang dapat anda lakukan. Jangan lupa untuk membersihkan mesin cuci minial sebulan sekali agar mesin cuci anda dapat bekerja dengan efektif. Selalu baca buku panduan mesin cuci sebelum memulai proses pembersihan dan gunakan sarung tangan ya! Selamat mencoba.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More