Kamera Mirrorless yang Bisa Menjadi Pilihan

Kamera Mirrorless yang Bisa Menjadi Pilihan

Produktekno.com, kamera mirrorless bisa dijadikan sebagai pilihan kamera action yang menarik untuk menemani keseharian Anda.

Kamera adalah sebuah alat yang memiliki fungsi penting sebagai alat foto dan juga sebagai alat perekam video-video penting yang bisa disimpan dan diabadikan sebagai sebuah kenangan dan momen indah bersama orang-orang terdekat Anda. Kamera juga memiliki jenis, tipe, dan juga ukuran yang berbeda-beda yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari pemiliknya. Tipe dari kamera yang berbeda-beda, tentu juga memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda juga sesuai dengan besaran dari kamera tersebut. Salah satu tipe dan jenis dari kamera yang saat ini sudah semakin banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah jenis kamera Mirrorless.

Defenisi singkat kamera mirrorless

Seperti namanya Mirrorless yang memiliki arti tanpa kaca. Kamera jenis Mirrorless ini pada dasarnya memiliki kesamaan dengan jenis kamera DSLR yang lainnya, yang berbeda dari jenis Mirrorless ini hanya tidak adanya pemantul cahaya atau mirror box yang biasa terdapat pada kamera jenis DSLR yang lainnya. Bagian mirror box itu sendiri memiliki fungsi sebagai pembelok cahaya yang berasal dari lensa ke bagian jendela pada bidik optik. Kamera jenis Mirrorless ini juga memiliki lensa yang dapat dengan mudah untuk diganti seperti halnya kamera DSLR, namun yang membedakannya yaitu dari bentuknya yang lebih kecil dari kamera DSLR, tetapi kualitasnya tetap sama bagusnya.
Selain tidak memiliki mirror box, kamera jenis Mirrorless ini juga tidak memiliki bagian jendela bidik optik. Untuk proses dari pembidikan gambar ataupun framing bisa dilakukan dengan lebih sederhana, karena bisa langsung diteruskan melalui layar LCD atau juga melalui jendela bidik elektronik (EVF). Kamera dengan jenis Mirrorless ini juga memiliki keuntungan yakni ukuran fisik dari kamera ini menjadi lebih ringkas, bagian autofocus pada jenis Mirrorless cenderung lebih akurat jika dibandingkan dengan kamera DSLR.

Keuntungan memiliki kamera mirrorless

Kamera Mirrorless ini juga memiliki keuntungan yang lainnya, seperti lensa yang dimiliki kamera jenis Mirrorless ini lebih fleksibel karena bisa diganti atau juga dapat dipasangkan dengan lensa dari jenis kamera yang berbeda termasuk juga dengan lensa kamera DSLR, melalui perantara dari adapter. Fungsi dari adapter itu tersebut adalah sebagai penambah jarak diantara dudukan lensa kamera dengan bagian sensor gambar.

Jenis kamera seperti Mirrorless ini juga memiliki bentuk yang beragam, seperti rangefinder style yang memiliki bentuk lebih kecil atau ringkas dan juga tidak memiliki punuk. Orang-orang yang sudah banyak menggunakan kamera jenis Mirrorless ini juga lebih banyak memilih kamera jenis Mirrorless yang memiliki bentuk seperti rangefinder, dan juga sebagian yang lain menggunakan kamera dalam bentuk seperti DSLR yang dapat digunakan secara manual dengan mengatur tombol yang sudah tersedia. Hal tersebut dianggap lebih mudah dan juga praktis untuk digunakan, tetapi semua itu kembali lagi tergantung dari selera dan keinginan dari masing-masing orang yang menggunakan kamera tersebut.

Dengan kelebihan yang dimiliki oleh kamera Mirrorless, tidak heran jika sudah semakin banyak masyarakat Indonesia khususnya para anak muda yang memang menyukai dunia kamera untuk menggunakan kamera jenis Mirrorless ini. Dengan semakin berkembangnya jaman, membuat kamera jenis Mirrorless ini akan terus dikembangkan dan bisa menjadi salah satu jenis kamera yang paling diminati oleh masyarakat di Indonesia. Maka bukan tidak mungkin jika suatu hari, kamera jenis Mirrorless ini juga akan berkembang dan maju seperti kamera jenis DSLR yang lainnya, dengan dibuatnya inovasi baru dan menarik yang bisa ditawarkan kamera jenis Mirrorless.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *